Bakat Lukisnya Diasah Sejak Kecil Hingga Tuai Banyak Karya

oleh
Pelukis Hasan Sunarto (54) yang juga terdaftar sebagai Guru di SMP 1 Kudus. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Menjalani aktifitas yang kita minati memang dambaan setiap orang. Hasilnya pun natural karena tidak ada paksaan untuk menjalaninya.

Kepiawaian Hasan Sunarto (54) menekuni seni lukis patut menjadi panutan. Ketertarikan di bidang seni, Ia jalani sedari masih duduk di bangku sekolah dasar (SD).

Bapak dua anak asli Desa Klumpit Gang Salak RT 2 RW 5 Gebog Kudus itu sempat menirukan gambar tokoh yang memainkan film di bioskop waktu itu, seperti wajah-wajah pahlawan, artis, dan tokoh lainnya.

Sempat di sekolah, teman-temannya sering minta pertolongan ke Hasan untuk menggambarkan sesuatu. Ataupun gakbar di kalender kelas juga Ia yang buat, “Kalender di kelas yang sedianya dicetak malah saya gambari sesuai selera,” kata Hasan saat ditemui awak media, Sabtu (2/2/2019).

TRENDING :  201 Atlet Ikuti Kejurcab 3 Pencak Silat Pagar Nusa Kudus

Naik ke tingkat SMP dan SMA, media yang digeluti untuk melukis berbentuk kanvas. Saat umur remaja itu, Ia tidak sia-siakan kesempatan untuk terus mengasah bakat dengan gabung di sanggar merah putih. “Waktu itu berlokasi di daerah Menara Kudus,” ujar Hasan yang juga guru seni di SMP 1 Kudus.

Diakuinya, Pertama kali menerima order atau pesanan saat kuliah, seperti halnya pesanan ulang tahun untuk kado maupun hadiah. Popular Art yang Ia tekuni menggambarkan apa-apa yang lagi populer, intinya realistis. “Namun jika sekarang ya karikatur, atau lukisan potret,” jelas Hasan yang anak ke empat dari enam bersaudara.

TRENDING :  Kampanye Anti Hoaks, PWI dan Polres Kudus Gelar Lomba Menulis Surat, Poster dan Literasi Media

Saat ini ditengah-tengah kesibukannya mengajar, Ia sempat dimintai tolong untuk melukis para pejabat pemerintahan Kabupaten Kudus (Baca : Bupati maupun Wakil Bupati). Sebagian hasil karyanya bisa dilihat saat memasuju area dalam Pendapa Kabupaten.

Keahliannya dalam bidang seni rupa membuatnya sesekali di undang oleh panitia perlombaan untuk menjadi juri. Ia mengaku obyektif jika disuruh menjadi juri.

TRENDING :  Jumat Keramat, KPK Amankan Bupati Kudus dan Sejumlah Pejabat OPD

Lulusan IKIP Negeri Semarang (UNNES) Jurusan Seni Rupa itu harus membagi antara pekerjaan utamanya dan hobi. “Meski ada pesanan foto, namun saya akan katakan jika pesanan tidak boleh di target dalam waktu singkat, karena saya juga masih punya tanggung jawab di sekolah (mengajar, – Red),” tuturnya.

Pengalaman menariknya saat menggambar poster, pekan penghijauan nasional, yang menobatkannya sebagai juara 2 kali tingkat Kabupaten kategori umum. Lalu berjenjang je tingkat Jateng kategori umum dengan menyabet juara 2. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :