Baksos Ramadhan : PGSD UMK Adakan Semarak Berbagi Ramadhan dan Peduli

oleh -100 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sepuluh hari menjelang Lebaran, PGSD Universitas Muria Kudus (UMK) berkolaborasi dengan Seluruh Mahasiswa PGSD UMK, HIMAPRO PGSD UMK dan NU CARE LAZISNU Cabang Kudus dalam menyelenggarakan Bakti Sosial guna mengajarkan peduli pada masyarakat yang lebih membutuhkan. Kegiatan ini dibalut dengan kegiatan “Serambi PGSD” yang dikemas dengan menyalurkan bantuan sosial berupa paket sembako sebanyak 100 paket untuk setiap orang yang sudah memenuhi syarat yang telah terdata oleh desa. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu (23/4/2022) di Balai Desa Menawan, Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus.

Kegiatan ini menggandeng beberapa unsur diantaranya, NU CARE LAZISNU Cabang Kudus, Hijab by Aida, Diponegoro Printing, dan Kantor Kopi. Hal ini dimaksudkan untuk melatih teman-teman mahasiswa Prodi PGSD dalam membangun jejaring kerjasama. Tujuan ini sejalan dengan apa yang akan mereka lakukan kelak ketika menjadi seorang guru setelah lulus dari Prodi PGSD. Selain kerjasama dengan beberapa unsur, kegiatan ini juga didukung oleh seluruh civitas akamedi Prodi PGSD mulai dari unsur dosen, tenaga pendidik, dan mahasiswa dari semua angkatan yang turut menyumbangkan sebagian rizkinya.

Kepala Desa Menawan, Tri Lestari, SE. dalam sambutannya menerangkan bahwa penerima baksos ini ditujukan kepada masyarakat yang belum tercover bantuan pemerintah tahun ini, selain itu baksos ini juga ditujukan untuk para lansia, dan orang tua yang memiliki anak yang berkebutuhan stunting.

Perwakilan NU Care Lazisnu Cabang Kudus menyerahkan sembako kepada warga desa Menawan

Selanjutnya pembina HIMAPRO PGSD UMK, Much. Arsyad Fardani, S.Pd, M.Pd menyampaikan, kegiatan ini direkomendasikan sebagai wujud sosial kepada masyarakat di bulan Ramadhan ini. Mahasiswa tidak hanya diasah kemampuan akademiknya saja tetapi juga diasah untuk kepekaan sosialnya.

“Kegiatan ini direkomendasikan sebagai bentuk sosial kepada masyarakat, jadi mahasiswa tidak hanya aktif dalam kegiatan perkuliahan, namun kami menyarankan mahasiswa untuk melakukan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat, program ini selalu ada setiap tahun, tahun ini kami memilih kegiatan bakti sosial ini dilakukan di desa Menawan,” kata Much Arsyad Fardani, S.Pd, M.Pd. melalui sambutan, Sabtu (23/4/2022).

Kegiatan ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi PGSD UMK. Setiap bulan Ramadhan selalu mengadakan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat. Beberapa panti asuhan dan masyarakat desa telah menjadi sasaran dari kegiatan tahunan ini. Selain program tahunan, kegiatan bakti sosial ini juga dilakukan secara insidental disaat terjadinya bencana di beberapa daerah. Selain kegiatan bakti sosial pembagian sembako, sebelumnya HIMAPRO PGSD UMK berkolaborasi dengan HIMATIKA UMK dan HIMA BK UMK untuk melakukan kegiatan pembagian takjil yang dilaksanakan di beberapa tempat diantaranya, traficligth Pentol, Panjang dan di sekitar area Kampus UMK.

Dengan membiasakan diri untuk bersedekah atau berbagi kepada orang lain pada bulan Ramadhan, maka insya Allah hal itu akan terus dilakukan secara kontinu walaupun bulan Ramadhan telah berakhir. Semoga momentum bulan Ramadhan ini dapat dipergunakan dengan sebaik mungkin untuk memperoleh pahala. Selain mempererat silaturahmi antara mahasiswa dengan masyarakat, mudah-mudahan sedikit sembako yang disumbangkan pada kesempatan ini juga dapat membantu keperluan mereka dan bermanfaat. (*)

KOMENTAR SEDULUR ISK :