Balai Pelestarian Cagar Budaya Jateng Susun Rencana Aksi Jalur Rempah

oleh

Kudus, isknews.com – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah melakukan penyusunan rencana aksi jalur rempah 2021 hingga 2024 yang melibatkan dinas terkait, komunitas, dan akademisi.

“Total saat ini ada 20 titik jalur rempah di Indonesia salah satunya Kabupaten Kudus,” kata Sukronedi Kepala BPCB Jawa Tengah disela –sela diskusi bahas penyususnan jalur rempah di Hotel Griphta Kamis (15/10/2020).

Ada lima titik jalur rempah di Jawa Tengah, yakni Kudus, Pati, Jepara, Rembang dan Semarang,” kata Sukronedi Kepala BPCB Jawa Tengah saat di temui di Hotel Griphta Kamis (15/10/2020).

Menurutnya, di tahun 2021 tidak menutup kemungkinan bisa menambah beberapa titik jalur rempah di Jawa Tengah. Sebenarnya tidak hanya lima titik tersebut seperti Demak, Kendal, Pekalongan hingga Cilacap juga termasuk di dalamnya. Namun saat ini baru komitmen dari lima kabupaten itu yang sudah siap. Jadi ini tergantung kesiapan pendukungan dari pemerintah kabupaten.

“Bukan hanya makanan, jalur rempah itu peninggalan yang ada di sekitar jalur rempah dan perlu dilestarikan, kami ajak masyarakat untuk bisa bekerjasama terkait peninggalan yang perlu dilestarikan,” jelasnya.

Selain penyusunan rencana aksi, pihaknya juga sosialisasi kepada pelajar dan masyarakat mengadakan webinar, lomba film dan muatan konten lokal untuk pelajar,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :