Bank Darah RS Aisyiyah Kudus Diresmikan

oleh -702 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Bank Darah Rumah Sakit Aisyiyah Kabupaten Kudus diresmikan oleh Direktur RS Aisyiyah Kudus dr Hilal Ariadi dan sejumlah jajarannya, Sabtu (5/2/2022).

Hilal mengungkapkan, Bank darah yang terletak di lantai satu gedung utama RS Aisyiyah itu digunakan untuk menjamin pasien kegawat daruratan supaya bisa tertangani dengan cepat.

Usai peresmian, Hilal mengatakan jika adanya bank darah tersebut akan semakin meningkatkan pelayanan RS Aisyiyah pada masyarakat. Utamanya pada pasien-pasien yang memang membutuhkan darah.
“Kami harapkan adanya fasilitas bank darah ini bisa bermanfaat bagi pasien kegawat daruratan yang memang membutuhkan transfusi darah secara cepat,” ucapnya.

Adanya bank darah tersebut, imbuhnya, juga akan semakin memantapkan RS Aisyiyah untuk menjadi rumah sakit tipe C di Kabupaten Kudus.

Peningkatan tipe dirasa perlu karena rumah sakit di bawah naungan Muhammadiyah itu terus berbenah dari waktu ke waktu.

Sementara penanggung jawab bank darah RS Aisyiyah Kudus dr Inda Wulansari menyampaikan semua peralatan dan pemeriksaan terkait darah sudah bisa dilakukan di RS Aisyiyah.

Untuk sistem kerja dari bank darah sendiri, darah tetap berasal dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kudus. Kemudian disimpan di bank darah dan bila ada yang memerlukan, maka bisa langsung digunakan.
“Jadi tidak usah ke PMI dulu, sekarang di rumah sakit ada dan ini bisa digunakan semua pasien,” pungkasnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :