Bank Sampah Tunjung seto Cairkan Puluhan Juta untuk Dibagikan ke Nasabah

oleh -178 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Bank sampah Tunjung Seto, Desa Bae, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus mencairkan total puluhan juta tabungan sampah milik nasabahnya.

Kegiatan penyerahan tabungan bank sampah itu digelar di aula Balai Desa Bae, Minggu (17/4/2022) pagi.

Direktur Bank Sampah Tunjung Seto, Muhammad Anshori menjelaskan, Total tabungan sampah yang dicairkan sebesar Rp45,568,169 dari jumlah 156 nasabah. Dimana 156 itu terdiri dari 154 nasabah (Posko A, B, C, D, E dan F) sedangkan 2 nasabah merupakan Panti Asuhan,

“Jadi Posko A hingga F ada 154 nasabah mendapatkan Rp19,281,209. Sedangkan 2 Panti Asuhan mendapatkan Rp26,281,209. Jadi Total Rp45,568,169,” terangnya di sela-sela pembagian

Lebih lanjut, kata Anshori, Bank sampah Tunjung Seto setiap bulannya di hari Minggu (pekan pertama setiap bulan) selalu menyiapkan posko untuk nabung sampah. Nah di hari ini kami bagikan uang yang sudah ditabung oleh masing-masing nasabah,” katanya, Minggu (17/4/2022).

Secara keseluruhan ada 472 nasabah yang mendapatkan pencairan ini. Jumlah tabungan yang didapatkan tiap-tiap nasabah berbeda-beda bergantung sedikit banyaknya sampah yang sudah dikumpulkan.

“Tujuan kami agar masyarakat bisa peduli terhadap lingkungannya,” sambungnya.

Selain itu dia ingin mengedukasi warga jika sampah yang sering dianggap tidak bermanfaat ternyata dapat mendatangkan uang. Saat ini pihaknya hanya menerima sampah nonorganik.

“Ada kardus, kertas, atom, besi, botol plastik, plastik, dan jelantah. Harapan kami masyarakat dapat peduli terhadap lingkungannya,” imbuhnya.

Salah satu penerima pencairan nasabah, Faela Sofa mengaku sudah bergabung sekitar 6 tahun di bank sampah tunjung seto. Dia tahun ini jadi nasabah yang tertinggi tabungannya, yakni Rp1,032,010.

Warga dukuh karangsambung itu kesehariannya berjualan toko klontong di rumah, jadi menurutnya banyak sampah yang di hasilkan, seperti plastik, botol dan jelantah . dan sampah lainnya.

“Hari ini ngunduh mas, Alhamdulillah dapat sirup dan jajan-jajan hari raya (bingkisan lebaran),” ujarnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :