Bantu Cegah Covid-19, KKN Undip Buat Cairan Disinfektan Bersama Ibu PKK RT 06 RW 03

oleh

Kudus, isknews.com – Kegiatan Mahasiswa UNDIP yang sedang melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di wilayah RT 06 RW 03 Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus disambut hangat langsung oleh Bapak Abdul Mu’in selaku Ketua RT dan ibu-ibu PKK RT 06 RW 03.

Pada kondisi saat ini, UNDIP membuat kebijakan untuk melaksanakan KKN di daerah masing-masing guna memutus rantai penularan Covid-19. Mahasiswa mau tidak mau harus melaksanakan kegiatannya secara mandiri serta memberdayakan masyarakat di daerahnya.

Covid-19 sudah menyebar ke seluruh penjuru Indonesia, maka untuk mencegah proses penyebarannya perlu dilakukan pencegahan. Adapun bentuk pencegahannya yaitu proses pembersihan dan disinfektan. Disinfektan sendiri memiliki tujuan yaitu membunuh virus dan mikroorganisme yang bisa menimbulkan penyakit. Maka dari itu saya memiliki program untuk menyebarluaskan cara membuat cairan disinfektan dengan bahan-bahan yang mudah ditemui, di sini menggunakan cairan pembersih lantai (wipol).

Pada pelaksanaannya juga diberikan informasi kepada Ibu-ibu PKK RT 06 RW 03 Desa Getas Pejaten bahwa bahan-bahan yang digunakan telah sesuai dengan Panduan Kemenkes RI Tentang Langkah-langkah Disinfektan dalam Pencegahan Penularan Covid-19. Ibu-ibu PKK sangat senang dan antusias dengan program yang saya kerjakan saat ini, karena sebelumnya mereka tidak banyak yang tahu bagaimana membuat cairan disinfektan secara mandiri di rumah. Mereka mengaku hanya melihat video di aplikasi Youtube, tetapi belum pernah mempraktekannya sendiri.

Maka dari itu kegiatan saya dapat dikatakan sukses dilaksanakan di daerah RT 06 RW 03 Desa Getas Pejaten. Selain mempraktekan langsung, penyebaran video tutorial cara membuat cairan disinfektan juga telah dilaksanakan melalui aplikasi WhatsApp.Selain pelaksanaan pembuatan
cairan disinfektan Mahasiswa KKN Undip juga memberikan poster edukasi menganai kebiasaan baru yang harus dilaksanakan pada masa New Normal. Selain memberikan poster dilakukan juga penjelasan mengenai isi dari poster tersebut.

Untuk saat ini penyebaran informasi tata cara pembuatan cairan disinfektan hanya dibagikan kepada warga yang berdomisili RT 06 RW 03 Desa Getas Pejaten karena keterbatasan biaya, sumber daya manusia dan waktu. Harapan untuk kedepannya setelah dilaksanakan kegiatan ini warga khususnya RT 06 RW 03 Desa Getas Pejaten dapat menerapkan pencegahan penularan Covid-19 dengan cara disinfektan. (ACF/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :