Bantu Petani, Karang Taruna Tunas Jaya Wates Kudus Pompa Genangan Air Persawahan

oleh -150 views
Bantu Petani, Karang Taruna Tunas Jaya Wates Kudus Pompa Genangan Air Persawahan.

Kudus, isknews.com – Sawah seluas ± 200 Hektar dengan Padi yang rata rata kurang 13 hari panen di desa wates terendam banjir dengan ketinggian bervariasi,  jika air di area persawahan tidak kunjung surut maka akan mengakibatakan gagal panen dikarenakan padi membusuk terendam banjir terlalu lama.

Melihat kondisi tersebut, Suliyono, Ketua Karang Taruna Desa Wates mengatakan, pihaknya berupaya membantu petani untuk mengurangi air di area persawahan dengan cara memompa air, pompa yang berjumlah 14 dengan berbagai ukuran, 2 pompa air dengan kapasitas 10 dim, 3 pompa air kapasitas 8 dim dan 9 pompa kecil dari pinjaman warga desa wates .

Pompa tersebut ditempakan di sebelah jembatan sungai embung Dukuh Ngelo Karangrowo, sehingga pompa tersebut mungurangi air di area persawahan sejumlah 3 desa yaitu Wates, ngemplak, Ngelo Karangrowo sehingga total keseluruhan area persawahan yang di pompa karang taruna seluas ± 400 Hektar.

“Alasan pompa tersebut diletakkan di dukuh ngelo karangrowo dikarnakan posisi pembuangan air ke embung lebih mudah dikontrol dan dekat dengan jalan cor  sehingga memudahkan oprasional,” ujar suliyono.

Biaya memompa air tersebut, kata Suliyono, di dapat dari kolektifan warga karang taruna tunas jaya wates dan donatur masyaratkat desa Wates. (AJ/YM)
 

KOMENTAR SEDULUR ISK :