Banwaslu Gelar Rapat Koordinasi Evaluasi Tahapan Pilgub dan Pilbup 2018

oleh
Rapat Koordinasi yang digelar Banwaslu di Hall Ruang Pertemuan Hotel Proliman Kudus, kemarin. (Istimewa)

Kudus, ISKNEWS.COM – Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) menggelar rapat koordinasi evaluasi pelaksanaan Pilgub dan Pilbub 2018, di Hall Ruang Pertemuan Hotel Proliman Kudus, kemarin. Rakor tersebut menjadi wadah bagi Panwascam, Kasek dan PUMK untuk melaporkan tahapan pilkada, kejadian dan pelanggaran selama proses Pilgub dan Pilbub.

Kepala Sekertariat Banwaslu Kudus, Dwi Kurmayanto, menyampaikan draft laporan pengawasan kegiatan pilgub dan pilbup di Kudus sudah diterimanya. Draft tersebut nantinya akan di breakdown ke panwascam sembari menunggu laporan dari masing-masing devisi. Laporan tersebut nantinya akan dijadikan satu untuk dikirim ke paswaskab.

“Alhamdulillah tahapan pilkada kemarin telah berjalan lancar. Terkait verifikasi dukungan DPD mulai 27 Juli nanti akan dilakukan verifikasi faktual dari KPU atau PPK ataupun PPS. Kami harap kesanggupan kalian untuk mendampingi verifikasi faktual tersebut,” kata Ketua Banwaskab Kudus, Moh. Wahibul Minan, Kamis (26-07-2018).

Dilajutkannya, pihaknya sudah menerima Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dari Panwascam yang telah ditindak lanjuti oleh PPK. Dia menghimbau jika ada warga yang belum masuk ke DPSHP mohon untuk segera disampaikan ke PPK atau PPS.

Terkait pelanggaran pilkada yang berupa pelanggaran administrasi, pidana atau pelanggaran hukum lainnya, Moh. Wahibul Minan menjelaskan dalam pilgub dan pilbub kemarin ditemukan 27 penanganan pelanggaran.

“Ada 4 ASN yang sudah terbukti dan dijatuhi hukuman oleh pihak terkait. Sedangkan untuk 23 kasus lainnya tidak cukup barang bukti dan tidak terbukti. Sehingga hanya mendapatkan teguran saja maupun yang di Reskon ke Setda atau KPU,” jelasnya. (NNC/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :