Batal Tabligh Akbar, UAS Tetap Hadir di Ponpes ABK Al Achsaniyyah Kudus

oleh
Foto : Istimewa

Kudus, ISKNEWS.COM – Kabar batalnya Ustadz Abdul Somad (UAS) yang rencananya hadir pada Tablig Akbar di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Selasa (8/10/2019) dibenarkan oleh panitia acara yang sekaligus Pengasuh Ponpes ABK Al Achsaniyyah Kudus, KH Moh Faiq Afthoni.

Meski begitu, dia memastikan UAS tetap akan hadir di pondok pesantrennya. Namun UAS datang hanya untuk berkunjung dan meletakan batu pertama pembangunan ruang keterampilan anak-anak di ponpes tersebut.

“Meski batal, namun UAS tetap hadir untuk meletakan batu pertama pembangunan ruang keterampilan ponpes,” tuturnya saat dikonfirmasi isknews.com lewat pesan whatsapp, Senin (7/10/2019).

“Memang sebenarnya tujuan utama adalah kunjungan. Karena saudara beliau sebagai santri Achsaniyyah (Ponpes Al Achsaniyah) asal Pekanbaru. Dan juga satu alumni dengan saya saat di Universitas Al Azhar Kairo Mesir,” tuturnya.

TRENDING :  Inilah Empat Versi Asal Usul Desa Padurenan

Sesuai jadwal, UAS akan tiba di Kudus pada pukul 18.00 WIB dan langsung menuju ke ponpes Al Achsaniyyah. Di sana, UAS akan disambut pengasuh pondok dan beberapa tokoh masyarakat setempat.

Dijelaskannya, pembatalan tablig akbar ini demi kemaslahatan di Kudus. Hanya, Ia enggan menjelaskan kemaslahatan yang dimaksud. ”Tidak ada apa-apa. Pokoknya demi kemaslahatan saja,” ujarnya.

Dari poster yang terpajang maupun yang tersebar di media sosial, UAS akan mengisi tablig akbar dengan tema Urip Iku Urup. Acara rencananya digelar di Pondok Pesantren Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Al Achsaniyyah Jalan Mayor Kusmanto, Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kudus.

TRENDING :  Angka Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan di Kudus Turun
Foto : Istimewa

Pengumuman pembatalan tausyiah UAS tersebut juga terlihat dari adanya surat dari PP Al Achsaniyah yang juga beredar di media sosial.  Dalam surat berkop resmi Ponpes serta ditandatangani langsung oleh Ketua Panitia Acara Yulianto dan Pimpinan Yayasan Al Achsaniyah KH Muhammad Faiq Afthoni, disebutkan pembatalan tablig akbar tersebut untuk kebaikan bersama dan semua pihak.

Dihubungi terpisah, Kabag Humas Polres Kudus AKP Sardi mengatakan, untuk izin pelaksanaan tabligh akbar tersebut hingga kini belum ada. Hanya, perlu diketahui, UAS hadir bukan karena diundang sebagai penceramah atau dakwah.

TRENDING :  Santri se Jawa Madura Ikuti Bahtsul Masail Ke-20 di PP Darul Falah Jekulo Kudus

“Karena beliau hadir karena kehendak sendiri dan karena rasa simpati dan empati beliau kepada pondok Autisnya,” jawab dia.

Sebelumnya, Ustaz Abdul Somad atau yang akrab disapa dengan UAS bakal mengisi tabligh akbar di Kudus. UAS bakal mengisi tabligh akbar dengan tajuk “Urip Iku Urup” di Ponpes ABK Al Achsaniyyah yang berada di jalan Mayor Kusmanto, Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Selasa (8/10). (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :