Bawaslu Kudus Rangkul Relawan Penanggulangan Bencana Terlibat Dalam Pengawasan Partisipasif

oleh

Kudus, iskews.com – Meski agenda Pemilu di Wilayah kerjanya telah usai, Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus masih gencar menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif. Kali ini kegiatan sosialisasi dilaksanakan bersama Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Kudus.

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif ini dilaksanakan dalam rangka menyongsong Pemilu berikutnya. Bawaslu Kudus bertekad Pemilu kedepan harus lebih baik dari Pemilu sebelumnya khususnya dalam hal pengawasan.

Didepan 100 peserta yang hadir dalam Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Bergas Caturisasi Penanggungan, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus menyampaikan rasa terima kasih kepada Bawaslu Kudus dan menyampaikan beberapa hal kepada peserta.

TRENDING :  Tak Pandang Bulu Bawaslu Sikat APK Di Pohon, Tiang Listrik Dan Zona Larangan

“Harapan Kami, peserta bisa khusuk, meresapi, merenungkan, syukur-syukur bisa kita laksanakan Pengawasan Partisipatif ini.” ujarnya.

Bawaslu Kudus usai menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bersama Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Kudus. (Foto: YM)

Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif ini dimulai pada pukul 19.30 WIB. Walaupun berkonsep sederhana, tapi selama kegiatan peserta nampak antusias mengikuti materi sosialisasi dan acara pun berlangsung lancar.

TRENDING :  3 Kecamatan Selesaikan Rapat Pleno Rekapitulasi

Kegiatan ini banyak sekali nilai-nilai positif yang terkandung didalamnya. Karena peran pengawasan selama Pemilu tidak hanya dibebankan kepada Bawaslu saja, namun masyarakat juga bisa terlibat aktif dalam melakukan pengawasan Pemilu yakni menjadi pengawas partisipatif.

“Sesuai yang diamanahkan oleh Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, dalam menjalankan fungsi pengawasan Pemilu, Bawaslu tentu saja membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat ” Kata Rif’an, selaku Kordiv Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Kudus.

TRENDING :  Tanggapi Laporan Demokrat, Bawaslu Segera Investigasi

Rif’an dalam memberikan materi Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dengan disisipi beberapa pertanyaan kepada peserta. Bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari pemateri akan mendapatkan hadiah yang sudah disiapkan sekretariat Bawaslu Kudus. Sontak hal ini membuat peserta antusias pada penyampaian materi sosialisasi. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :