Baznas Kudus Periode Januari Hingga November 2020 Telah Salurkan Rp2,87 Miliar

oleh -159 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Terhitung periode Januari hingga November 2020, Badan Amin Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kudus telah menyalurkan zakat sebesar Rp2,87 miliar kepada mustahiq yang berhak menerima. Sedangkan penerimaan selama periode tersebut sebanyak Rp2,13 Miliar, ditambah sisa saldo dari penerimaan tahun 2019.

Sekretaris Baznas Kudus, Sulthon mengatakan, untuk periode Januari hingga November 2020, telah tersalurkan Rp2,85 miliar. Selama periode tersebut, lanjutnya, Baznas telah memberikan zakat ke delapan asnaf, yakni fakir, miskin, amil, mualaf, riqab (hamba sahaya), gharim (orang yang terlilit utang), fisabilillah, dan ibnu sabil (orang yang sedang dalam perjalanan). “Selain itu, bantuan juga kita salurkan untuk pendidikan, kemanusiaan, ekonomi, kesehatan dan dakwah/advokasi,” ujar Sulthon.

Sulthon, Sekretaris Baznas Kabupaten Kudus. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Dikatakan Sulthon, Penerimaan BAZNAS Kudus pada 2020 ditarget sebesar Rp3 miliar, Walaupun belum memenuhi target akibat pandemi corona, yang terpenting adalah tersalurkannya hak mustahiq,” ujarnya.

Saat ini lanjut Sulthon, masih banyak masyarakat yang mengajukan permohonan bantuan, akan tetapi belum dapat direalisasikan semua. Hal itu katanya, sesuai dengan ketersediaan dana, jika mencukupi dan kemudian calon penerima zakat sesuai ketentuan, maka secepatnya akan dapat diserahkan hak mereka tersebut.

Dia mengimbau, si penerima zakat tersebut dapat mememanfaatkan bantuan yang diberikan sesuai dengan peruntukannya. Dia juga berharap, zakat yang disalurkan itu dapat membantu perekonomian umat.

“Syukur-syukur dari mustahiq bisa menjadi muzakki atau orang yang mengeluarkan zakat. Paling tidak, bagi yang selama ini menerima bantuan untuk usaha, bisa lepas dari status penerima zakat,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :