Baznas Kudus Serahkan Santunan Yatama untuk Siswa SD, MI dan Santri Ponpes Senilai Rp174 Juta

oleh -419 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Pandemi Covid-19 tak menjadi alasan untuk tidak berbagi pada anak yatim di Kudus. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kudus belum lama ini menyerahkan santunan masing-masing Rp200 ribu kepada 870 yatama untuk siswa sekolah dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan santri Pondok Pesantren (Ponpes) di wilayah kota Kretek. Termasuk diantaranya adalah mereka (anak yatim) yang ditinggalkan orangtuanya karena covid-19.

Hal itu dikatakan Ketua BAZNAS Kabupaten Kudus Drs. H Aris Syamsul Ma’arif melalui Wakil Ketua Bidang Pentasyarufan, H. Noor Badi usai memberikan simbolis santunan yatama, di aula Baznas Kudus, Jalan Mejobo, Jumat (10/9/2021).

Teknisnya, kata Noor Badi, dari Baznas Kudus melalui pengawas PAI per wilayah sengaja datang ke sekolah/ponpes guna mendata anak-anak yatim di lembaga tersebut.

“Seharusnya santunan dilaksanakan program bulan muharram, dikarenakan datanya belum fix. Namun tidak masalah, yang penting ruh-nya memberikan perhatian kepad anak-anak yatim untuk tetap semangat menjalani hidup, berjuang dan belajar, disamping menjalankan syariat islam,” tambahnya.

Bantuan ini, lanjut Noor Badi, merupakan salah satu wujud kepedulian dari Baznas Kudus dalam menunjang kebutuhan yatama yang sangat membutuhkan.

“Mudah-mudahan Baznas Kudus bisa bergerak leluasa, dalam mengumpulkan, me-manage (mengatur) serta mendistribusikan,” harapnya.

Selain disalurkan kepada yatama, Baznas Kudus beberapa waktu lalu juga menyerahkan bantuan kaki palsu sebanyak 4 orang. “Teknisnya, yang terkait dibawa ke Mojokerto Jawa timur (tempat pembuat kaki palsu) untuk diukur lalu dipasangkan kaki palsunya, harapannya supaya bisa beraktifitas kembali,” terangnya.

Baznas Kudus juga mendorong pada semua lembaga, organisasi, perusahaan, dan lainnya untuk dapat mengulurkan tangan membantu anak-anak yang ditinggalkan orang tuanya karena corona.

Sementara dari Januari hingga Agustus 2021, Baznas Kudus telah menerima Rp1,490 miliar dari para muzakki/donator. Penerimaan dari infaq dan zakat perorangan serta unit pengumpul zakat (UPZ). Baik dari ASN dan beberapa Perbankan.

Sedangkan untuk pentasyarufan (penyaluran) dari Januari hingga Agustus 2021, Baznas Kudus telah disalurkan sebanyak Rp1,594 miliar kepada 8 golongan orang yang berhak menerima zakat (faqir miskin, riqab, gharim, muallaf, fisabilillah, ibnu sabil, dan amil zakat), juga disalurkan ke bidang kemanusiaan, pendidikan, kesehatan, dakwah dan ekonomi.  (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :