Bea Cukai Kudus Amankan 1,5 Juta Batang Rokok Ilegal dan 15,8 Ribu Pita Cukai Palsu

oleh -1.456 kali dibaca
Foto: Dokumentasi Bea Cukai Kudus

Kudus, isknews.com – Bea Cukai Kudus berhasil menggagalkan pengiriman rokok ilegal dari kabupaten Jepara dan menyita rokok Ilegal yang ditimbun di rumah tinggal pada Kamis (11/3/2021). Sebanyak 1,5 juta batang rokok dan 15,8 ribu keping Pita Cukai diduga palsu diamankan oleh petugas. Total kerugian negara mencapai 1,1 Milyar Rupiah.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo, dalam siara pers tertulisnya, Sabtu (13/03/2021)

Dijelaskan Sugeng, Penindakan berawal dari informasi masyarakat tentang adanya sebuah minibus yang digunakan untuk mengangkut rokok ilegal dari wilayah Jepara. Tim Intelijen dan Penindakan segera menindaklanjuti informasi. Sekitar pukul 23.45, tim berhasil menemukan mobil sesuai yang diinformasikan, berada di depan sebuah rumah tinggal di Desa Troso, Kecamatan Pecangaan, Jepara. Tim segera melakukan pemeriksaan terhadap mobil, didampingi Ketua RT setempat karena tidak ditemukan sopir mobil tersebut.

Dari hasil pemeriksaan diperoleh barang bukti sebanyak 19 karton rokok jenis SKM merk OK BOLD siap edar,  yang dilekati pita cukai diduga palsu dan 1 karton berisi rokok batangan jenis SKM.

Total barang bukti 316.000 batang rokok SKM. Selanjutnya Tim melakukan pemeriksaan terhadap rumah di tempat mobil terparkir, yang diduga juga digunakan untuk menimbun rokok ilegal.

Dari dalam rumah ditemukan 43 karton rokok ilegal jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) dengan merek OK BOLD, C@FFEE STIK, TRUMP MLD, MONI MILD, HIMA BLACK  dan rokok batangan yang belum dikemas serta pita cukai diduga palsu. Total rokok yang ditemukan sebanyak 1.188.200 batang.

Sehingga total diperoleh barang bukti Rokok Sigaret Kretek Mesin (SKM) Ilegal sebanyak 1.504.200 batang, 1 unit Mobil MPV, dan 15.800 keping Pita Cukai Palsu. Dengan Perkiraan Nilai barang sejumlah Rp1.551.542.400,- dengan Potensi Kerugian Negara sebesar Rp1.159.574.282,-.

Dengan penindakan ini, kami harap masyarakat semakin sadar untuk memberantas rokok ilegal bersama bea cukai dalam #gempurrokokilegal untuk Indonesia yang lebih maju. Bagi para pelaku usaha yang ingin mendirikan Perusahaan Rokok segera mendaftarkan usahanya untuk memperoleh Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC) sehingga menjadi legal, karena legal itu mudah. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :