Bea Cukai Kudus Amankan Truk Berisi Jutaan Batang Rokok Ilegal

oleh -212 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Bea Cukai Kudus berhasil melakukan penegahan terhadap sebuah  truk yang diduga membawa rokok ilegal dari Jawa Timur.

“Sebelumnya, tim Intelijen dan Penindakan Bea Cukai Kudus memperoleh informasi tentang adanya satu unit truk yang digunakan untuk membawa rokok ilegal dari  Jawa Timur menuju wilayah Jepara,” kata Kepala KPPBC TMC Kudus, Gatot Sugeng Widodo melalui Kasi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai, Dwi Prasetyo Rini, Rabu (19/2/2020).

Berdasarkan informasi di atas, Tim Intelijen dan Penindakan  memetakan keberadaan truk dan memperkirakan truk berada di sekitar Jl. Raya Pati – Juwana. Tim segera melakukan operasi tertutup di lokasi tersebut. Sekitar pukul 03.00 WIB tim  melakukan penyisiran dan mendapati truk dengan ciri-ciri sebagaimana informasi tersebut terlihat sedang melaju di Jl. Raya Pati – Juwana.

Tim segera melakukan penghentian dan penegahan terhadap sarana pengangkut tersebut. Setelah dilakukan pemeriksaan, kedapatan truk mengangkut batangan Rokok jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) dalam kemasan karton.

Selanjutnya, barang bukti dan terperiksa SB (38 th) dan KS (43 th) dibawa ke Bea Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan dan pengamanan, kemudian akan diserahterimakan ke Seksi Penyidikan dan BHP (Barang Hasil Penindakan) untuk proses lebih lanjut.

Barang Bukti berupa Rokok SKM               sebanyak 1.591.500 batang, 1 unit Truk. Dengan Total Perkiraan Nilai Barang sebesar Rp. 1.623.330.000,00 dan Total Potensi Kerugian Negara Rp. 944.268.780,00, Ketentuan yang dilanggar merupakan Pasal 54 UU no 39 tahun 2007 tentang Cukai. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :