Bea Cukai Kudus Gagalkan Pengiriman Rokok Ilegal Lewat Bus AKAP

oleh -174 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Kabupaten Kudus ‎menggagalkan pengiriman rokok ilegal senilai Rp 72,9 juta diselundupkan melalui bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari Terminal Jati, Tanggulangin, Jati Wetan, Kabupaten Kudus, sekitar pukul 18.30, Selasa (2/8/2022).

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi (PLI) KPPBC Tipe Madya Kabupaten Kudus, Dwi Prasetyo‎ Rini menyampaikan, dari pemeriksaan terdapat empat karton berisi 64.000 batang rokok jenis SKM siap edar yang tidak dilekati pita cukai.

“Mereknya antara lain Flash Bold, Lois L Bold, Dalill Bold Fine Cut Filter dan Subur Jaya HJS,” terangnya, Kamis (4/8/2022).

Seorang penumpang berinisial R (52) yang berasal dari Jepara beserta barang buktinya dibawa ke Bea Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Rini menjelaskan, Pasal 54 Undang-undang Cukai menyebutkan ancaman pidana bagi siapa saja yang menawarkan, menyerahkan, menjual, atau menyediakan untuk dijual rokok polos atau yang tidak dilekati pita cukai dengan pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun dan/atau denda paling sedikit 2 kali nilai cukai dan paling banyak 10 kali nilai cukai yang seharusnya dibayar..

Total perkiraan nilai barang bukti sebesar Rp 72.960.000 dan total potensi kerugian negara mencapai Rp 48.879.360. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :