Begini cara PAUD TBS Kudus Peringati Maulid Nabi sembari Tanamkan Kejujuran ke Anak

oleh -2,224 kali dibaca

Kudus, isknews.com – PAUD TBS Kudus menggelar peringatan maulid Nabi Muhammad SAW dengan membaca sholawat bersama dan melestarikan tradisi khas orang Kudus, golok-golok menthok.

Pantauan isknews.com di lokasi, anak-anak terlihat senang dan riang gembira menyambutnya. Protokol kesehatan covid-19 juga dilakukan dari anak mulai masuk di pintu gerbang, tes suhu, mencuci tangan, masuk bergantian dan memakai masker serta menjaga jarak.

Kepala PAUD TBS Kudus, Zakiya Ulfa mengatakan, rangkaian acaranya di buat sederhana dan lebih dipersingkat karena masih dalam suasana pandemi, diantaranya dari pembacaan sholawat yang dipimpin oleh ibu guru, setelahnya anak-anak secara berurutan dikasih rantang golok-golok menthok, diarahkan mengambil 7 jenis jajan yang telah disediakan sebelumnya oleh pihak PAUD TBS.

“Usai pembacaan sholawat, kita sediakan 7 jenis jajan, kita arahkan ke anak untuk berurutan mengambil satu-satu snack yang telah tertata di meja, dari sinilah kita ajarkan budaya antre dan tanamkan nilai-nilai kejujuran ke anak untuk tidak mengambil jajan lebih dari yang telah ditentukan, setelah itu anak-anak dipersilahkan pulang,” katanya di sela-sela acara, Rabu (20/10/2021) pagi.

Setidaknya ada 220 siswa mengikuti kegiatan tersebut, dengan terbagi di ruang kelas masing-masing, dari kelompok bermain (KB) hingga tingkat taman kanak-kanak (TK).

Dijelaskan Zakiya, Tradisi (golok-golok Menthok) khas orang Kudus itu dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad SAW setiap bulan mulud (bulan Rabi’ul Awal) dan diadakan setiap tahunnya, tradisi tersebut biasanya diadakan pada malam ke-12, bulan Rabi’ul Awal.

“Golok-golok menthok merupakan tradisi dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang harus kita jaga dan lestarikan. Tradisi ini merupakan bentuk kecintaan kita kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Maka, diharapkan dari adanya tradisi ini, anak-anak sudah diperkenalkan dengan Nabinya sedini mungkin, dan nantinya bisa meneladani akhlak dan sifat baik dari Rasulullah SAW,” paparnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :