Bekali Calon Alumni, UMKU Gelar Workshop Persiapan Memasuki Dunia Kerja

oleh -345 kali dibaca
Salah satu narasumber Workshop Job Training and Open Recruitment Selenia Hapsari, dari PT Djarum Kudus (Foto: istimewa/humas)

Kudus, isknews.com – Tim Pusat  Karir dan Tracer Study Universitas Muhamamdiyah Kudus kembali adakan Workshop Job Training and Open Recruitment via Zoom Meeting. Kegiatan ini merupakan sesi ke-2 dan 3 dari rangkaian kegiatan pembekalan alumni yang diadakan Pusat Karir dan Tracer Study UMKU guna memberi bekal dan gambaran untuk calon alumni UMKU saat menghadapi dunia kerja.

Rektor UMKU, Rusnoto, SKM., M.Kes(Epid) dalam sambutannya mengatakan, calon lulusan UMKU perlu memiliki kesiapan yang matang dalam menghadapi dunia kerja.

“Jika memiliki kesiapan maka akan mudah menjalani masa-masa transisi menuju dunia baru”. Ungkapnya.

Menjadi alumni UMKU, kata dia tentunya menjadi cerminan bagi kampus, tetaplah memagang nilai-nilai baik yang telah ditanamkan sedari masuk perkuliahan di UMKU.

“Jangan sungkan jika ingin Kembali ke UMKU untuk berbagi pengalaman dengan dosen maupun adik kelas”. Ungkapnya, Jumat (03/09/2021).

Senada, Anny Rosiana Masithoh, M.Kep. Sp., Kep.J selaku warek III Bidang Kemahasiswaan, Humas Alumni dan Kerja sama, Anny menyampaikan bahwa Workhsop Job training ini merupakan upaya UMKU untuk memberikan bekal kepada para calon lulusan yang akan menghadapi dunia kerja.

“Kami berharap kegiatan ini menjadi sebuah pintu masuk untuk memasuki dunia kerja dan memberikan sebuah kesempatan dan peluang untuk calon alumni” ujarnya.

Selenia Hapsari, S.Psi., Psi selaku Human Resources Departement di PT Djarum, diawal materinya ia menyampaikan motivasi dan mengutip dari salah satu tokoh yakni Arthur Ashe, “salah satu kunci sukses adalah percaya diri, salah satu hal yang penting untuk percaya diri adalah memiliki persiapan,”jelas dia.

Dua hal yang harus diperhatikan saat hendak memasuki dunia kerja, pertama harus tau ingin mendapat pekerjaan seperti apa dan harus tau mencari informasi perkerjaan dimana. Lebih lanjut Selenia menjelaskan ada banyak jenis industry diantaranya Engineering, Consumer Good Industry (Djarum , Nestle) dan  Banking and Financial Service, life science (berhubungan dengan dunia Kesehatan), Hi Technology (berhubungan dengan bagian IT).

Materi kedua membahas tentang gambaran kerja di Jepang untuk Tenaga Kesehatan yang disampaikan oleh Sony Dwi Ariyandi, S.T dari Bahana Inspirasi Muda, Sony menyampaikan beberapa keuntungan jika bekerja di Jepang, yakni Gaji tinggi, aman, komunikasi dengan keluarga terjaga, sesuai dengan komptensi, bisa menikmati pengalaman tinggal di luar negeri, banyak orang Indonesia dan masa kerja yang fleksibel. Ungkapnya

Lebih lanjut Sony menyampaikan terkait proses dari awal hingga bekerja di Jepang, mulai dari belajar berbahasa Jepang, ujian sertifikat mengurus visa hingga berangkat ke Jepang.

Materi terakhir disampaikan oleh Dewi Ichmawati, S.E selaku pemimpin Bank BNI Cabang Kudus, ia menyampaikan tentang Grooming Up and Performance. Dewi memberikan tips-tips untuk memiliki penampilan yang baik diantaranya melakukan perawatan tubuh, menggunakan kosmetika yang natural dan seperlunya serta memahami etika pergaulan dan etika dalam bekerja. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.