Bekali Kemandirian Warga Binaan, Rutan Kudus Gelar Pelatihan Keterampilan

oleh
Sejumlah warga binaan Rutan kelas II B Kudus saat mengikuti pelatihan keterampilan rambut (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Dalam upaya pembinaan kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Kudus di laksanakan program pelatihan keterampilan bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Unit Pelaksana Teknis pada Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Kudus.

Kegiatan dimaksudkan untuk terus meningkatkan inovasi dan inovatif serta keterampilan usaha kepada WBP  dengan materi pelatihan yang meliputi membatik dan tata kecantikan rambut dengan harapan ketika selesai masa hukuman nanti, WBP bisa punya bekal wirausaha.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Rutan IIB Kudus, Budi Prajitno di arena pelatihan ketarampilan di lantai 2 Rutan Kudus. Menurutnya, pelatihan telah dimulai sejak sepekan lalu dan akan berakhir pekan mendatang. Selain materi praktek, materi-materi seperti action planner dan materi berwirausaha telah diberikan, Jumat (05/07/2019).

TRENDING :  Ngeri , Jambret " Ninja Merah " Memangsa Dua Wanita di Lokasi Berbeda 

“ Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah sebanyak 32 WBP dari 185 warga binaan kami dengan seleksi yang ketat mengingat sebagian warga binaan juga sudah pernah mengikuti kegiatan semacam ini pada periode sebelumnya sehingga diperlukan seleksi, termasuk dipilihkan dari KTP berpenduduk asli Kudus yang sebelumnya belum pernah mendapat pelatihan,” katanya.

TRENDING :  Mengalami Kram Pada Kaki Saat Menebar, Seorang ABK Tewas Tenggelam

Mereka terbagi menjadi dua kelompok yaitu peserta pelatihan membatik dan peserta perawatan kecantikan rambut.

Untuk pelatihan membatik sendiri akan selesai Senin besok. Sedang pelatihan tata rias kecantikan akan berakhir akhir pekan depan. “Kami harap bisa meningkatkan kreatifitas dari para WBP, sekaligius menjadi bekal mereka,” tambahnya.

Warga binaan Rutan Kelas II B Kudus, saat mengikuti pelatihan membatik yang bekerjasama dengan BLK Kudus (Foto: YM)

Selain mengembangkan keterampilan WBP nya, faktor rohani dari para warga binaan juga dipupuk supaya lebih baik lagi. Kerjasama dengan Instansi keagamaan pun telah dilakukan. Dengan harapan warga binaan bisa seimbang antara iman dan keterampilan.

TRENDING :  ​Kunjungi Kudus Extention Mall, Komisi B DPRD Kudus Kecele Tak Ditemui Manajemen

“Beberapa waktu lalu kami juga bekerjasama dengan IAIN Kudus untuk pendidikan rohani WBP,” lanjutnya.

Senada, Kepala Subsi Pelayanan Tahanan Rutan Kudus Eko Budihartanto mengharapkan warga binaan memanfaatkan sebaik mungkin kegiatan twrsebut. Menurutnya, ini adalah kesempatan yang bagus untuk mempersiapkan skill dan kemampuan sebagai bekal saat keluar dari Rutan nanti.

“Dimanfaatkan dengan baik dan jalani dengan sungguh-sungguh,” tandasnya.

Suminten instruktur batik dari BLK mengaku senang bisa berbagi ilmu dengan para warga binaan Rutan IIB Kudus. Ia senang ketika para WBP antusias saat diajari membatik oleh timnya. “Senang bisa berbagi ilmu selama kurang lebih dua pekan ini,” tandasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :