Bekas Kantor Kecamatan Kota Bakal Jadi Gedung Dekranasda Kudus

oleh

Kudus, isknews.com – Ketua Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Kelurga (PKK) Kabupaten Kudus, Rina Budhi Ariyani atau yang akrab disapa Rina Tamzil menyoroti geliat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam setiap kunjungannya pada even lomba desa yang hingga kini sedang berputar di 9 Kecamatan di Kabupaten Kudus.

Pada kunjungannya di acara Lomba Desa di Karangampel yang mewakili Kecamatan Kaliwungu mendampingi Bupati Kudus HM Tamzil yang hadir bersama Wakil Bupati HM Hartopo, siang tadi, Rina Tamzil dalam kapasitasnya sebagai ketua TP PKK

Ketua TP PKK Kudus, Rina Tamzil saat mengamati pameran produk-produk UKM pada arena Lomba Desa di Desa Karangampel, Kaliwungu, Kudus (Foto: YM)

Dalam perbincangan dengan media ini terkait kreatifitas produk-prmenyampaikan, menurutnya sudah saatnya produk-produk UMKM di Kudus ini dilakukan pembinaan secara lebih intens.

“Kita TP PKK Kabupaten sudah ada rancangan program untuk mengembangkan potensi lokal poduk usaha masyarakat ini dan terus didorong untuk meningkatkan kreativitasnya, baik dalam cara penjualan dan dalam produksi melalui pembinaan, meskipun belum padea bantuan pendanaan,” ujar Rina Tamzil yang juga di dampingi wakil TP PKK Mawar Hartopo saat meninjau stan-stan UMKM pada arena lomba Desa di Karangampel, Kamis (04/04/2019).

TRENDING :  Muspika Mejobo Sukses Gelar Karya Bhakti

Dikatakannya, seperti pada stan pameran UMKM ini, di tempat ini UMKM melibatkan para ibu-ibu lansia yang diajarkan menganyam dan menenun bilah-bilah bambu sehingga menjadi kerai bambu atau lampit.

“Itu bagus sekali, karena masih mendayagunakan kreatifitas para ibu-ibu lansia, kita ajak ibu-ibu PKK untuk kreatif membangun usaha melalui usaha mikro dari rumah tangga,” katanya.

TRENDING :  Kecamatan Gebog, Ternyata Diambil dari Nama Sebuah Dukuh

Selain dukungan pembinaan para pengusaha UMKM juga di rencanakan akan diberikan ruang pamer khusus agar produk UMKM Kudus bisa go keluar Kudus.

“Insha Allah pada waktu dekat ini kita akan membuat rumah pamer produk-produk unggulan Kudus, baik yang berupa penganan, minuman atau handy craft di bekas kantor Kecamatan Kota itu,” tutur Rina.

Digambarkannya pada arena tersebut pada waktu malamnya akan ada angkringan yang disediakan bagi anak-anak muda.

“ sehingga mereka tak akan hanya sekedar nongkrong, tapi akan mengembangkan ide-ide kreatif dan kesenian mereka, dan saya sudah sampaikan ini ke pak Bupati agar gedung itu jadi arena Dekranasda,” ujarnya.

Seperti di ketahui, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), adalah lembaga yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM).

TRENDING :  Lele dan Cum-Cumi Penyumbang Terbesar Deflasi Di Kudus Bulan April 2016

“Tapi tentu saja nanti yang akan terakomodir disitu adalah produk-produk yang sudah dianggap layak untuk di pamerkan, agar tidak mengecewakan para calon buyers,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Kudus, HM Tamzil dalam sambutan Lomba Desa menyampaikan, Pemkab Kudus  sangat mengapresiasi yang setinggi- tingginya dengan keinginan warga masyarakat Desa Karangampel yang menginginkan mewakili ke tingkat Provinsi semoga hal ini memberikan nilai plus bagi team penilai.

“Untuk itu saya meyakini, dalam mempersiapkan penilaian lomba desa ini, telah terjalin kerjasama yang baik antara pemerintah desa dan warganya, kerjasama inilah yang harus terus dijaga dan dikembangkan untuk kemajuan desa dimasa mendatang,” pungkasnya. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :