Belasan Gunungan Dikirab Peringati Haul Cikal Bakal Dukuh Ngelo Desa Karangrowo Kudus

oleh -1,712 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Ratusan warga tumpah ruah menyaksikan gelaran kirab gunungan di Dukuh Ngelo Desa Karangrowo Kecamatan Undaan, Kudus, Rabu (17/8/2022) sore.

Ada sekitar 16 gunungan terbuat dari aneka sayuran dan buah-buahan. Gunungan yang diarak dengan jarak 2.5 kilometer itu merupakan perwakilan setiap RT desa itu.

Sejak siang hingga menjelang sore, warga desa memenuhi tempat start atau lokasi awal pemberangkatkan peserta kirab dari perbatasan Pati tepatnya dukuh Sidorejo Cemplong menuju finish di panggung sekitar makam “Mbah Lo”, seorang sesepuh Dukuh Ngelo.

Hal itu dikatakan Kepala Desa Heri Darwanto saat ditemui awak media usai acara kirab.

Heri mengaku senang pada sejak tahun 2021 telah dipercaya Pemerintah Kabupaten Kudus menjadi rintisan desa wisata. Melalui bangkitnya dari pandemi Covid-19, tradisi budaya kirab yang rutin digelar kali ini dapat membangkitkan berbagai potensi masyarakat untuk dapat dikembangkan.

“Kedepan kami akan mengembangkan potensi ekonomi kreatif yang ada. Nantinya kami akan menggelar pameran-pameran yang ada dari potensi masyarakat, salah satunya seperti yang ada dikirab berupa ikan air tawar dan berbagai olahan hasil bumi,” ujar Heri.

Sementara gunungan yang dikirab berisikan hasil bumi dari desa itu, mulai dari sayur, nasi/beras, buah-buahan dan lainnya. Jumlah gunungan kurang lebih ada 16 dari seluruh RT yang ada.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dari NU maupun Ansor yang didukung pemerintah desa dan kecamatan serta tokoh masyarakat.

Sementara menurut salah satu warga, Turaikhan (30) mengaku senang kini desanya kembali menggelar kirab budaya dan juga haul mbah Buyut Lo yang merupakan salah satu cikal bakal di Dukuh Ngelo Desa Karangowo.

Warga berharap melalui pencangan rintisan desa wisata nantinya akan terus bergeliat berbagai potensi desanya agar semakin dikenal dengan beragam potensi.

“Kami masyarakat senang kembali digelarnya kirab budaya seperti ini. Kami dukung siap dukung berbagai program pemerintah untuk desa kami.” terangnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :