Belum Ada Calon Jemaah Haji asal Kudus Tarik Pelunasan BPIH

oleh -406 kali dibaca
(Ilustrasi haji/istimewa)

Kudus, isknews.com – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus menyebutkan belum ada calon haji yang menarik dana pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji  (BPIH) menyusul keputusan pemerintah yang meniadakan keberangkatan haji tahun ini.

“Sampai sekarang belum ada yang menarik dana pelunasan haji, di Kudus ada 1016 Calhaj yang batal berangkat haji tahun ini,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji Kemenag Kudus Su’udi, Rabu (9/6/2021).

Keputusan untuk kembali meniadakan penyelenggaraan ibadah haji 2021 tersebut, tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 Tahun 2021

Meski demikian, lanjut Su’udi, sebelum KMA tersebut keluar ada lima calhaj yang menarik pembatalan pelunasan tersebut. Sebab, berdasarkan data pelunasan pemberangkatan haji secara keseluruhan ada 1.023 calhaj.

“Sebenarnya tahun 2020 kemarin ada 1.023 yang sudah melakukan pelunasan, tapi tinggal 1.016 calhaj. Tapi lima calhaj ada yang menarik biaya pelunasan sebelum KMA tahun ini keluar, dan sisanya ada yang mutasi dan ada yang meninggal. Tapi yang menarik biaya pelunasan itu masih bisa melunasi lagi, ” terangnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :