BENALU UNIK DITAWAR SEHARGA 2 M.

oleh -1.372 kali dibaca


ISKNEWS.COM– KUDUS 29/12 , Benalu adalah sekelompok tumbuhan parasit obligat yang tumbuh pada batang (dahan) pohon lain. Mendengar kata benalu pasti kita beranggapan itu tanaman pengganggu dan kita kadang menebang dan membuangnya. 

Berbeda dengan Herry Triyatno (46) warga Kajeksan RT. 01 RW. 01 Kecamatan Kota Kabupaten Kudus ini beliau berpesan diselembar kertas berbingkai dan bertuliskan “Biarkan benalu hidup jangan dibinasakan”, tulisan ini beliau pajang di dekat etalase kaca bertingkat 3 yang disitu berjajar benalu dengan berbagai macam bentuk yang unik, seperti bentuk menyerupai anak gorila, kanguru, alien, kuli panggul dan masih banyak lainnya.
“Saya mendapatkankannya sudah berbentuk seperti itu, jadi saya tidak membuat-buat” jelas Tri saat ditanyai oleh crew ISK di kediamannya.

Pertama kali beliau mulai mengamati tanaman benalu itu pada tahun 2005. “Saat itu saya melihat pohon mangga milik tetangga yang ada benalunya ditebang. Setelah saya cermati, benalu tersebut ternyata memiliki bentuk yang unik” ujar mantan Carik Janggalan itu.

Hingga sekarang , Tri mengaku sudah menemukan dan mengoleksinya sejumlah 76 benalu yang bentuknya unik. 
“ Tidak semua pohon bisa ditemukan benalu dengan bentuk unik seperti itu, dan semua itu ditemukan dengan cara tiba-tiba dan tidak sengaja”tuturnya. 

Sampai saat ini beliau masih mencoba menelitinya dan terakhir benalu ditemukan yaitu tahun 2013. 
“Semua koleksi yang berjumlah 76 itu pernah ditawar seseorang seharga 2 Milliyar, tapi saya tolak karena uang memang bukan segalanya, dan semua bentuk itu karunia Allah” ujarnya.

Beliau juga berharap agar pemerintah turut memperhatikan koleksinya. 
“Saya ingin koleksi saya yang satu-satunya di Kudus bahkan dunia ini dapat diperhatikan oleh pemerintah pihak-pihak terkait, syukur-syukur dapat dibuat museum Benalu supaya masyarakat luas bisa mengetahui apa sih sebenarnya benalu itu” tutupnya.

*GuLa

KOMENTAR SEDULUR ISK :