Berikut Penyebab Kudus Kembali Berstatus PPKM Level 3, Pemkab Bakal Lakukan ini

oleh -5,133 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Kota Kretek, Kudus kembali berstatus PPKM level 3 setelah sebelumnya sempat turun ke PPKM level 2.

Hal ini berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 47/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Level 2, dan Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali, terbaru.

Bupati Kudus Hartopo menyebut jika hal tersebut terjadi karena rendahnya vaksinasi kepada lansia karena tidak memiliki KTP.


“Itu terkait indikatornya dari vaksinasi lansia (kelompok lanjut usia). Jadi vaksinasi lansia itu perlu digerebek karena mengingat kita koordinasikan dengan pihak dari DKK dan vaksinator di desa itu lansia jarang yang mempunyai KTP, tidak ada yang punya KTP, padahal SOP harus ada NIK-nya,” jelas Hartopo, Selasa (5/10/2021),

Capaian vaksinasi khusus lansia dengan usia 60 tahun hingga kini baru mencapai 27,4 persen, sedangkan syarat bisa tetap bertahan di PPKM level 2 minimal sebesar 40 persen. Kami akan meningkatkannya dengan cara melakukan vaksinasi keliling menggunakan mobil khusus vaksinas

Untuk itulah, kata dia, selain disediakan dua mobil vaksinasi untuk bisa menjangkau kelompok lansia yang dimungkinkan terhambat jarak dan kesempatan mengunjungi lokasi vaksinasi, nantinya yang belum ber-KTP juga akan diupayakan divaksin terlebih dahulu kemudian baru dibuatkan KTP.

Permasalahan KTP kelompok lansia juga sudah dikoordinasikan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kudus, kemungkinan mengambil kebijakan pengurusan KTP setelah mereka menjalani vaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Badai Ismoyo menambahkan berdasarkan data vaksinasi per 4 Oktober 2021 capaian vaksinasi untuk kelompok lansia dengan target sasaran 71.096 orang, untuk dosis pertama 19.489 orang atau 27,4 persen, sedangkan dosis kedua 10.849 sasaran atau 15,3 persen. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :