Berkah Hari Raya Qurban, Pengrajin Pisau di Kudus Banjir Pesanan

oleh
Sahri Baedlowi, saat menunjukkan pisau buatannya. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Sepekan jelang idul adha atau hari raya qurban, pengrajin pisau di Kudus banjir pesanan.

Sahri Baedlowi, salah satu pengrajin pisau di desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus mengaku kebanjiran order perlengkapan penyembelihan hewan qurban. Seperti pisau, parang dan kapak.

Peningkatan pesanan tahun ini meningkat hingga 50 persen dari tahun lalu.

TRENDING :  Persiku Maksimalkan Dua Laga Sisa, Wajib Poin Penuh

“Jika hari biasa order masuk paling sekitar 30 pcs perhari. Jelang idul qurban ini meningkat antara 300 hingga 500 pcs perhari,” ujar Sahri yang juga Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Citra Usaha Logam.

Sahri menjual parang bervariasi, satu buah parang untuk menyembelih ayam dijualnya seharga Rp. 150 ribu, parang untuk kambing Rp. 250 ribu dan parang untuk kerbau Rp. 350 ribu. Sedangkan untuk harga pisau souvenir, dia mematok harga dari Rp 1.500.

TRENDING :  Kurangi kemacetan di perempatan bejagan Kendaraan Roda 4 ke Pasar Kliwon Diarahkan Lewat Jalan Menur

Sahri mengaku tidak mengalami permasalahan yang serius. Pasalnya, aspek sumber daya manusia dan stok bahan baku tersedia dengan baik. Sehingga bisa mengerjakan tepat waktu pesanana pelanggan.

“Kami sempat kekurangan tenaga untuk produksi beberapa tahun lalu. Namun, itu bisa disiasati dengan menambah jumlah tenaga produksi. Alhamdulillah kendala saat bisa teratasi,” terangnya.

TRENDING :  Kemeriahan Haul Sang Maestro Joglo Kudus

Selain pesanan untuk persiapan qurban, Sahri juga kebanjiran order untuk souvenir pernikahan. “Maklum, bulan besar (dzulhijjah) biasanya juga dimanfaatkan warga untuk menggelar hajatan walimah, terutama pernikahan,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :