Tim KIR Mts NU TBS dan Yanbu’ul Qur’an Kudus Raih 1 Emas dan 1 Perak Dalam GYSC India 2020

oleh -7 views

Kudus, isknews.com – Prestasi Internasional ditorehkan Tim Riset MTs NU TBS Kudus dan Yanbu’ul Qur’an Menawan dalam Global Young Science Challenge (GYSC) India 2020, 15-16 Desember 2020.

Ajang virtual tersebut diikuti sekitar 310 peserta dari berbagai negara, diantaranya Malaysia, China, Peru, Vietnam, India, Macau dan lainnya. Dalam perhelatan tersebut, kedua tim mendapatkan 1 medali emas dan 1 medali perak plus Special Award.

Mereka menciptakan inovasi berupa Teknologi pertanian cabai Berbasis Internet of Things (IoT) dan alat pengawet buah dan sayuran (saat panen) yang ramah lingkungan. Yakni, monitoring dan kontroling pertanian cabai memakai smartphone.

Ketua tim riset Ustadz Yuniar Fahmi Lathif, M.Pd sangat bersyukur atas prestasi yang diraih siswanya, peraih medali emas terdiri dari gabungan tim TBS dan Menawan (3 Mts TBS, 2 Mts Yanbu’ul Qur’an Menawan), lalu yang medali perak dari Mts Yanbu’ul Qur’an Menawan semua.

“Medali emas diraih oleh Muflih Aufa Bekti, Maulana Faiq Arsyada, Naufal Zaki Zaidan, Rijaal Labib Al Mumtaz dan M Khalifa Azka. Sedangkan Medali Perak diraih oleh Ahmad Nuzil Aufa, M Ridhwan Darmawan, Iqbal Mayyuhda Al Haq, Hiqmatiar Nafiul Hakim, Huga Magda Arti dan Irham Khoirul Muna,” terangnya.

Selain ke para siswa, lanjut ustadz Yuniar, juga berterima kasih kepada tim pembimbing ustadz Alfiyan Rysdan Yasin, S.Pd dan Athfi Nur Laili, S.T yang dengan penuh totalitas  membimbing para siswa.

Mengikuti Pesan Masyayikh

Ustadz Yuniar menyebut jika syarat utama mengikuti kompetisi international ini ada 3, yang pertama Harus lunas Setoran Alfiyah (TBS), Lancar Hafalan Qur’an nya (Yanbu’ul Qur’an) serta memiliki sikap Jujur, Disiplin dan Ikhlas.

Dengan tujuan utama adalah mendakwahkan Al Qur’an melalui penelitian semoga Ilmu nya barokah dan bermanfaat dalam perkembangan ilmu pengetahuan teknologi.

“Tentunya semua ini bukan kita yang pintar atau hebat, akan tetapi semata karena Barokah para Masyayikh dan pertolongan dari Allah SWT,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :