Berkat Inovasinya, Pelajar SMP 1 Kudus Raih Emas di Ajang AISEF

oleh -866 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Prestasi membanggakan diraih dua pelajar kelas IX SMP 1 Kudus, Mirza Tsabita Wafa’ana dan Muhammad Fariz Kautsar. Keduanya meraih emas di ajang lomba ASEAN Innovative Science and Enterpreneurship Fair (AISEF) 2021 yang pelaksanaannya berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom pada Kamis (18/2/2021).

Prestasi itu diraih usai melakukan penelitian tentang pemanfaatan kefir dari susu kambing etawa untuk bioterapi pemulihan operasi divertikulitis duodenum.

“Hanya saja, medalinya belum kami terima karena masih menunggu,” kata Guru Pembimbing SMP 1 Kudus Sri Winarni didampingi kedua siswa berprestasi tersebut di Kudus, Rabu (3/3/2021).

Lebih dari 500 tim dari 20 negara terlibat dalam ajang AISEF yang digelar 18 Februari 2021 lalu.

Sebelum mendapatkan medali emas di ajang AISEF, kedua pelajar tersebut juga pernah ikut di ajang Indonesia International Applied Science Project Olympiad (I2ASPO) yang berlangsung 18-23 Desember 2020 secara virtual.

Hasil dari ajang I2ASPO tersebut, keduanya hanya mampu menyabet medali perak, sedangkan di ajang yang sama di tingkat nasional, yakni National Applied Science Project Olympiad 2020 menyabet medali perunggu. Sedangkan di ajang yang lebih tinggi, yakni AISEF justru menyabet medali emas dengan penelitian yang sama. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :