Berkebutuhan Khusus, Siswa di SMA-LB Bina Citra Pati Siap Hadapi UASBN

oleh -870 kali dibaca
Foto: Meski menyandang disabilitas, para siswa SMA-LB Bina Citra Pati tetap tekun melaksanakan try out UASBN, Senin (02-04-2018). (Ivan Nugraha/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Menjelang Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN), SMA Luar Biasa (SMA-LB) Bina Citra di Desa Sukoharjo, Kecamatan Margorejo, Pati, terus mendorong siswanya agar meningkatkan belajarnya. Salah satu yang dilakukan adalah dengan melakukan try out yang dipandu oleh gurunya. Sementara, UASBN bagi para siswa penyandang disabilitas sendiri akan dilaksanakan pada 9 April mendatang.

Semakin dekatnya jadwal pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) bagi siswa penyandang disabilitas, yaitu pada 9 April mendatang, SMA-LB Bina Citra Pati pun memanfaatkan sisa waktu yang ada.

Menurut Kepala SMA-LB Bina Citra, Achmadi, pihaknya terus memotivasi para siswa dengan memberi pelajaran tambahan dan latihan soal. Selain itu, penanganan anak berkebutuhan khusus berbeda dengan anak pada umumnya, sehingga diperlukan waktu khusus untuk melatih dan pengayaan materi. Pada UASBN tahun ini ada tiga mata pelajaran yang diujikan, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

“Anak berkebutuhan khusus memang membutuhkan banyak visualisasi, pembahasan dan pengayaan. Makanya kita sediakan banyak waktu untuk melatih mereka, melakukan diskusi langsung,” papar Achmadi, saat ditemui wartawan di salah satu ruang kelas, Senin (02-04-2018).

Ditambahkan, total siswa berkebutuhan khusus di SMA-LB Bina Citra yang akan mengikuti UASBN berjumlah 16 siswa, dari jumlah tersebut ada empat siswa tuna rungu dan wicara, satu tuna daksa, dan 11 siswa tuna grahita.

Guna mendorong siswa berkebutuhan khusus agar bisa mengerjakan soal pada saat ujian nanti, berbagai kiat khusus dilakukan para guru pembimbingnya.

“Yang diperlukan dalam menangani anak berkebutuhan khusus adalah dengan pendekatan dan kesabaran dalam memberikan materi. Hal ini sangat penting agar siswa bisa dengan mudah mengerti dan paham ketika mengerjakan soal nantinya.” pungkas Achmadi. (IN/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :