Berlangsung Alot, Inilah Formasi Pimpinan AKD DPRD Kudus yang Baru

oleh -484 kali dibaca
Suasana saat rapat paripurna DPRD Kudus (Foto: istimewa)


Kudus, isknews.com – Penyegaran dan rotasi susunan keanggotaan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus sesuai dengan tata tertib DPRD Kudus yang mengatur tentang periode komisi selama 2,5 tahun telah usai dilaksanakan.

Rapat pemilihan ketua komisi beserta keanggotaannya tersebut berlangsung mulai siang hingga petang di gedung wakil rakyat hingga penetapan seluruh ketua komisi rampung ditetapkan, Jumat (07/04/2022).

Rapat komisi dimulai selepas Sidang Paripurna pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun anggaran 2021 oleh Bupati Kudus. Setelah acara selesai, para anggota dewan langsung melanjutkan dengan agenda rapat rolling komisi.

Ketua DPRD Kudus, Masan membacakan nama-nama yang masuk daftar pada tiap komisi. Baik itu komisi A, komisi B, komisi C, dan komisi D.

“Silakan masing-masing komisi melakukan rapat,” kata Masan, kemarin (07/04/2022).

Setelah masing-masing berkumpul, rapat komisi pun dilakukan. Hingga tengah malam, rapat tersebut baru selesai.

Dari hasil rapat, didapatkan ketua pada masing-masing komisi. Komisi A yang sebelumnya dijabat Nurhudi, dirolling kepada Rinduwan dari Fraksi PDI Perjuangan. Dengan 9 anggota komisi.

Komisi B yang sebelumnya dijabat Ali Muklisin, kini diganti Anis Hidayat fraksi Partai Golkar. Dengan 12 orang anggota. Komisi C dari Rinduwan, dirolling ke Rochim Sutopo fraksi Partai Amanat Nasional, Hanura, dan Demokrat (ANHD) dengan total 10 anggota.

Sedangkan komisi D, kini diketuai oleh Ali Ihsan dari fraksi PKB dengan 10 anggota.
Rolling komisi ini, menurut Masan merupakan hal biasa. Sesuai dengan tata tertib DPRD Kudus.

“Harapannya kepada anggota dewan yang terpilih dapat menjalankan tupoksinya masing-masing dengan baik,” tandasnya.

Uniknya dalam roling tersebut Fraksi Partai Gerindra tersisih tak mendapatkan satu pun jatah pimpinan alat kelengkapan dewan.

Padahal Fraksi Gerindra merupakan Fraksi terbesar kedua di DPRD Kudus setelah PDIP. Gerindra memiliki tujuh anggota yang mana enam dari Partai Gerindra sendiri dan dua dari PPP yang ikut bergabung.

Proses pemilihan pimpinan Komisi A, B dan C berjalan cukup cepat namun giliran pemilihan pimpinan Komisi D berjalan agak alot namun akhirnya berhasil menemukan kesepakatan Ali Ikhsan dari PKB sebagai ketua Komisi D.

Dari hasil rolling tersebut, hampir semua partai memperoleh jatah menempati pimpinan alat kelengkapan kecuali Fraksi Partai Gerindra yang tak menduduki pimpinan disemua komisi.

Dilanjutkan dengan pemilihan dan penetapan susunan keanggotaan Badan Kehormatan dan Bapemperda.

Usai pemilihan dan penetapan susunan keanggotaan AKD dilanjutkan penandatanganan Keputusan DPRD Kabupaten Kudus meliputi, Penandatanganan Perubahan Komisi, Perubahan Badan Anggaran, Perubahan Badan Musyawarah, Perubahan Badan Pembentukan Perda, dan Perubahan Badan Kehormatan. (My/YM)

Inilah susunan selengkapnya AKD di DPRD Kudus:

Komisi A
Ketua : H Rinduwan (PDIP)
Wakil ketua : Ruston Harahap (PKS)
Sekretaris : Ali Muklisin (P Golkar)

Komisi B
Ketua : Anis Hidayat (P Golkar)
Wakil ketua : Nurhadi (PKB)
Sekretaris : Mas’ud (P Nasdem)

Komisi C
Ketua : Rochim Sutopo (PAN/F.ANHD)
Wakil ketua : Aris Suliyono (PDIP)
Sekretaris : Superiyanto (P Nasdem)

Komisi D
Ketua : Ali Ikhsan (PKB)
Wakil Ketua : Umi Bariroh (PKS)
Sekretaris : Ngateman (PDIP)

Bapemperda
Ketua: HM Sutriyono (Hanura/F.ANHD)
Wakil Ketua : A Khoiril Badawi (PKB)

Badan Kehormatan
Ketua : H Peter M Faruq (PDIP)
Wakil Ketua : Sayid Yunanta (PKS)

KOMENTAR SEDULUR ISK :