Besok, 185 Peserta Ikuti Tes Tertulis Panwascam

oleh -1,096 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Sebanyak 185 pendaftar dinyatakan lolos tes administrasi sebagai Panwascam untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2018. Sebanyak enam pendaftar dicoret lantaran tidak memenuhi syarat administrasi sampai batas waktu pendaftaran habis. 185 peserta lolos administrasi, selanjutnya akan menjalani tes tertulis, yang dijadwalkan akan digelar Sabtu (16/9/2017) besok di SMKN 2 Jepara.

Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwas Kabupaten Jepara Muntoko mengatakan, dibandingkan dengan gelaran Pemilihan Bupati lalu, pendaftar di Pilgub ini jauh lebih meningkat. Jika di Pilbup lalu peserta yang lolos administrasi ada 163 orang, namun kali ini ada 185 orang. “Memang ada enam pendaftar yang tidak lolos administrasi lantaran tidak terpenuhi syarat administrasi yang diharuskan,” katanya, Jumat (15/9/2017).

Muntoko menyebut, nama-nama yang lulus seleksi administrasi tersebut dapat dilihat di papan pengumuman sekretariat Panwaslu Kabupaten Jepara. Selain itu juga dapat dilihat di akun facebook PANWASKAB JEPARA. “Bagi nama-nama yang lulus seleksi administrasi kami undang untuk mengikuti seleksi tertulis yang diselenggarakan pada hari Sabtu besok,” imbuhnya.

Tes tertulis, katanya, akan dimulai pukul 09.00 WIB. Namun dirinya berharap, peserta tes sudah berada di lokasi sebelum tes dimulai, sebab, sebelumnya pukul 08.00 -09.00 dilakukan registrasi peserta dengan menunjukkan Daftar Isian Kelengkapan Berkas Administrasi dan KTP/Identitas diri. “Peserta harus sudah di dalam ruangan 30 menit sebelum tes tertulis, dan selama 120 menit peserta diberi waktu mengerjakan soal tes tertulis,” jelasnya.

Muntokk menjelaskan, dari 185 orang yang lulus seleksi administrasi tersebut dari aspek jenis kelamin, laki-laki ada 148 atau 80 persen dan sisanya perempuan. Sementara dari aspek pendidikan S2 berjumlah 15 (8 %), S1 berjumlah 126 (68 %), D3 berjumlah 4 (2 %),   D2 Berjumlah 1 (1 %), SMA/Sederajat berjumlah 39 (21 %).

“Untuk soal tes tertulis disediakan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dan akan dibawa langsung oleh Bawaslu ke lokasi tes tertulis dan diserahkan ke Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan Kabupaten Jepara diruang tes tertulis sebelum tes tertulis dimulai dengan disaksikan oleh seluruh peserta tes tertulis,” tandasnya.

Melalui seleksi tertulis ini masing-masing kecamatan akan diambil 6 besar yang dinyatakan lulus tes tertulis. Namun apabila pada urutan ke 6 terdapat nilai yang sama, maka nilai yang sama tersebut tetap dinyatakan lulus tes tertulis. Nama-nama yang lulus seleksi tertulis ini akan diumumkan pada tanggal 17-18 September 2017. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :