Blanko E-KTP dan KIA di Kudus Terpenuhi, Pencetakan Lebih Mudah dan Cepat

oleh -77 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus memastikan persediaan blangko E-KTP dan KIA aman dan terpenuhi.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kudus Agus Sumarsono memastikan blanko untuk keduanya aman dan terpenuhi.

Ia mengatakan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementeran Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) sudah dua kali melakukan pengadaan blanko E-KTP. Hal itu lah yang membuat ketersediaan blanko E-KTP di Kudus sangat memadai.

Blanko e KTP saat ini telah tersedia 10 ribu keping yang didatangkan langsung dari Ditjen Dukcapil Kemendagri, Sedangkan untuk KIA masih 97 000 karena baru pengadaan 100 ribu pada bulan september lalu melalui APBD.

Lebih lanjut, data per 7 Desember 2020, sudah 99,21 persen masyarakat di Kudus melakukan perekaman E-KTP, sedangkan sisanya masih belum melakukan perekaman E-KTP.

“Ada beberapa yang belum melakukan perekaman E-KTP, seperti yang baru memasuki usia 17 tahun,” terangnya saat ditemui isknews.com Selasa (8/12/2020).

Untuk pembuatan E-KTP pada tahun 2020 ini, lanjut Agus, prosesnya jauh lebih mudah, karena saat ini sistem pembuatan E-KTP sudah bisa dilakukan secara online, sehingga pihaknya tinggal melakukan perekaman saja, kemudian tinggal menunggu selama 10 sampai 20 menit hasil pencetakannya.

“Kalau sekarang kita begitu direkam langsuk dicetak, berbeda dengan dulu, karena dulu begitu direkam nggak bisa langsung dicetak,” kata Agus.

Pihaknya untuk pelayanan online perhari bisa melayani sekitar 125 orang, sedangkan  Reguler mencapai 250 orang per harinya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :