BLK Kudus Tahun ini Alokasikan 10 Pelatihan Berbasis Kompetensi bersumber APBN

oleh -120 kali dibaca
Evita Kepala UPTD BLK Kudus saat memantau pelatihan pembuatan kue dan roti, Kamis (10/3/2022).

Kudus, isknews.com – Balai Latihan Kerja (BLK) Kudus tahun 2022 mengalokasikan 10 pelatihan atau kejuruan berbasis kompetensi bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBN).

“Terkait pelatihan berbasi kompetensi yang bersumber dari dana APBN, tahun ini ada 10 kejuruan, masing-masing 1 kelas dan tiap-tiap kelas ada 16 orang,” Kepala UPTD BLK pada Disnaker Perinkop UKM Kudus, Evita Dewi kepada isknews.com, Kamis (10/3/2022).

Evita menjelaskan pelatihan yang sudah berjalan diantaranya Barista, menjahit, tata kecantikan kulit, pembuatan kue dan roti, bahasa Inggris, operator komputer muda.

“Itu yg sdh berjalan. Sisanya msh dibahas dan dipersiapkan, yang jelas alokasi di kita adalah 10 pelatihan,” terangnya.

Para peserta sebagian besar ibu rumah tangga dan pensiunan yang ingin menekuni bidang masing-masing, mereka harus melewati persyaratan yang ketat dari mulai pendaftaran dan tes wawancara. “Masing-masing pelatihan ada puluhan pendaftar, mereka harus melewati proses ketat sebelum masuk 16 orang terpilih,” paparnya.

Evita, mengharapkan alumni benar-benar menguasai unit-unit  kompetensi yang ditetapkan, “Kami harapkan alumni BLK mahir usai mengikuti pelatiahn, kita ukurannya jika peserta lulus uji sertifikasi yang ditetapkan, , maka tujuan pelatihan tercapai,” paparnya.

Sementara instruktur pelatihan pembuatan kue dan roti, Rismanto mengatakan bahwa pihaknya memberikan 23 materi, diantaranya bolen, roll cake, pas pastry, donut, desert, bolu, kue kering, pukis, nastar, dan lainnya.

Ia menyebut jika respon peserta sangat antusias pada hari keempat ini. Ia membagi  peserta per kelompok ada 4 orang.

“Kita tekankan praktek menu bolu, roll cake, donat, pas pasty, intinya yang bisa untuk buat usaha,” paparnya.

Salah satu peserta, Zakia (20) dari Desa Bacin Kecamatan Bae, Kudus mengaku baru pertama kali mengikuti pelatihan tersebut, dan Ia mempunyai citacita untuk membuka usaha kedepannya, “ Baru pertama ini dan ingin buat usaha nantinya,” ujarnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :