BMKG Prakirakan 4-6 Februari di Jateng Berpotensi Hujan Intensitas Sedang Hingga Lebat

oleh -596 kali dibaca
Foto Ilustrasi

Jateng, isknews.com – Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno dalam keterangan tertulisnyayang diterima isknews.com pada Jumat (3/2/2023) menyebutkan, Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, terdapat potensi peningkatan pertumbuhan awan hujan dan cuaca signifikan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Jawa Tengah, yang didukung oleh beberapa faktor berikut ini:

Pertama, Fenomena Maden Jullian Oscillation (MJO) terpantau mulai aktif, utamanya di sisi barat wilayah Indonesia. Kedua, Gelombang Rossby Ekuator terpantau aktif di wilayah Jawa bagian selatan dan Ketiga, Konvergensi di wilayah Jawa Tengah yang didukung dengan kelembaban udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup labil.

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan INTENSITAS SEDANG- LEBAT yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 04 Februari – 06 Februari 2023 dapat terjadi di wilayah Jawa Tengah sebagai berikut:

Tanggal 04 Februari 2023
Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Kab. Pekalongan, Kab./Kota Magelang, Purworejo, Kebumen, Salatiga, Kab./Kota Semarang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Surakarta, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Demak, Brebes, Kab./Kota Tegal, Pemalang, dan sekitarnya.

Tanggal 05 Februari 2023
Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Temanggung, Wonosobo, Kendal, Kab./Kota Magelang, Salatiga, Boyolali, Klaten, Kab. Semarang, Brebes, Kab./Kota Tegal, Blora, Pati, Jepara, dan sekitarnya.

Tanggal 06 Februari 2023
Cilacap, Brebes, Kab./Kota Tegal, Pemalang, Batang, Kendal, Kab./Kota Magelang, Klaten, Boyolali, Sragen, Jepara dan sekitarnya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini dengan wilayah yang lebih terperinci, dapat mengakses:
1.Website https://www.bmkg.go.id;
2.Website http://cuacajateng.com/prakiraan/#jawa, untuk prakiraan cuaca hingga level kecamatan;
3.Akun media sosial instagram @cuaca_jateng twitter @cuacajateng;
4.Aplikasi iOS dan android “Info BMKG”;
5.Call center 196 BMKG;
6.atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :