BPBD Jateng Gelar Pelatihan Dan Simulasi TRC, Kerjasama Dengan BPBD Kudus

oleh -944 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), menggelar pelatihan dan simulasi Tim Reaksi Cepat (TRC). Kegiatan yang dilaksanakan bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Kudus itu berlangsung satu hari, bertempat di aula Sekretariat BPBD Kabupaten, Selasa (24/5).
Peserta pelatihan sebanyak 70 orang, terdiri atas staf BPBD, TNI, Polri, relawan dan Palang Merah Indonesia (PMI).
Bertindak sebagai narasumber, staf BPBD Jateng, Purwito, Kepala BPBD Kudus, Bergas C Penanggungan , Kodim 0722 Kudus, Kapten Mansyur dan Kepala Pelaksana BPBD Jepara, Lulus Supayitno.
Purwito, usai memberi paparan materi pelatihan, kepada isknews.com, mengatakan tujuan dan inti dari kegiatan itu, adalah saat ada dan tidak ada bencana, BPBD harus selalu siaga menghadapi segala kemungkinan. TRC yang dimaksud bukan hanya menyangkut kesiapsigaan dan kecepatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bertindak, namun juga penguasaan terhadap alat penanggulangan bencana. “BPBD Jateng sudah banyak memberikan bantuan alat-alat penanggulangan bencana ke sejumlah kabupaten. Namun karena tidak disertai pelatihan, persepsinya pun berbeda-berbeda. Dibutuhkan keahlian dan ketrampilan dalam menggunakan alat tersebut.”
Sementara itu, menjawab pertanyaan salah seorang peserta, mengenai apa yang dilakukan BPPD dan relawan, saat tidak terjadi bencana, Bergas C Penanggungan, mengatakan, tindakan yang bisa dikakukan adalah penanggulangan secara dini terjadinya bencana di Kudus, terutama banjir. Sebagaimana diketahui, penyebab banjir adalah banyaknya sampah yang di buang di sungai, sehingga menyebabkan aliran sungai terhambat dan tersumbatnya lubang jembatan. Akibatnya air sungai pun tumpah dan banjir.
“Yang harus dilakukan oleh BPBD dan relawan, adalah membersihkan sampah di sungai-sungai itu. Sudah banyak sungai yang kami bersihkan, diantaranya Sungai Kaligelis, Sungai Logung, Sungai Dawe.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :