BPBD Kudus : Curah Hujan Tinggi, Tanggul Sungai Dawe di Desa Golantepus Jebol

oleh -1.068 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Curah hujan yang tinggi pada Senin (29/11/2021) sore hingga Selasa (30/11/2021) dini hari di wilayah Kabupaten Kudus, mengakibatkan jebolnya tanggul Sungai Dawe di Dukuh Golan Desa Golan tepus RT 06 RW 01 Kecamatan mejobo, Kudus.

Kejadin tersebut dibenarkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Budi Waluyo kepada awak media, Selasa (30/11/2021).

“Benar, akibat Debit air yang tinggi dan curah hujan dengan intensitas sedang mengakibatkan Jebolnya tanggul sungai dawe kurang lebih tanggul sungai 15 meter dengan tinggi kurang lebih 1 meter,” terangnya.

Saat ini, kata Budi, sudah ditangani oleh petugas BPBD yang terdiri dari relawan gabungan, pemdes golan tepus, pemcam mejobo dan warga setempat. Segera dilaksanakan kerja bakti dengan membutuhkan tanah urug, karung plastic dan  bambu penyangga.

Akibatnya, lanjut Budi, air menggenangi rumah warga dengan ketinggian 30 cm hingga 40 cm atau setara selutut orang dewasa. Budi melanjutkan, air juga menggenangi jalan di perempatan Mejobo, dimana jalan tersebut merupakan jalur sibuk aktifitas masyarakat di dari Desa-Desa sekitar (perempatan mejobo) menuju tempat aktifitas. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :