BPBD Siap Salurkan Sarana dan Prasarana Kesehatan Guna Ponpes di Kudus

oleh

Kudus, isknews.com – Sarana dan prasarana kesehatan siap disalurkan dalam penerapan aturan New Normal (Tatanan Hidup Baru), bagi para santri yang hendak kegiatan belajar mengajar (KBM) di pondok pesantren di Kudus.

Asal muasal upaya tersebut diawali dari salah satu Forum Pondok Pesantren Kudus yang kemudian ditujukan ke Pemkab Kudus untuk dilakukan pengadaan alat kesehatan di lingkungan pondok.

Sarana dan Prasarana tersebut ada 12 item berupa Thermal Gun, Washtafel Portable, Alat Semprot Desinfektan, Baju Hazmet, Sarung Tangan, Hand Sanitizer, Face Shield, Sepatu Boots, Kacamata Google, Cairan Desinfektan, Sabun Cair yang total keseluruhan berjumlah 86.748 unit.

Tercatat ada 114 pondok pesantren di Kabupaten Kudus yang terdata di Kementerian Agama ( Kemenag )  namun ada 2 pondok yang sudah tidak ada aktivitas kegiatan.

Abdul Rozaq, Kasi Kedaulatan dan Logistik BPBD Kab. Kudus menjelaskan

“Dari 114 pondok tersebut ada 2 pondok yang sudah tiada aktivitas pondok, jadi terpangkas jadi 112,” tuturnya.

Abdul Rozaq berharap, dalam lingkungan pondok pesantren dapat melakukan penerapan protokol kesehatan, seperti yang kita ketahui pondok bukan hanya berasal dari Kudus saja, tapi juga ada dari luar daerah.

“Semoga dapat efektif, kita juga akan lakukan mentoring untuk mengecek apakah alat tersebut sudah diterapkan atau belum, agar semua berjalan dengan maksimal,” tutup Abdul. (*)


KOMENTAR SEDULUR ISK :