BPOM Jateng lakukan sosialisasi

oleh -884 kali dibaca
Digital Camera

Kudus_isknews.com – BPOM Jateng lakukan sosialisasi kepada pedagang, pengusaha, serta masyarakat di kudus. Sosialisasi yang dilaksanakan BPOM serta DKK ini bertempat di hotel @Home sore kemarin 6/11 dihadiri 250 peserta yang terdiri dari pedagang, pengusaha pangan, serta masyarakat ini, bertujuan guna membina dan mengarahkan pedagang serta pengusaha guna memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan makanan serta minuman yang memenuhi syarat kesehatan, memenuhi kebutuhan gizi masyarakat sesuai dengan standart dan persyaratan serta melindungi masyarakat terhadap segala kemungkinan yang dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Selain sosialisasi serta pembinaan kepada pedagang serta pegusaha pangan, BPOM dan DKK kabupaten kudus juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih jeli, pintar serta hati hati dalam memilih jenis makanan yang beredar dimasyarakat luas pada umumnya. Selain memperhatikan kebersihan makanan, ketahanan, keamanan, produksi juga harus memperhatikan kesehatan. Baik itu pangan yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan dan air baik yang diolah maupun tidak diolahyang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahanpangan, bahan baku pangan, dan bahan lainnyayang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan,dan/ pembuatan makanan atau minuman.

Disamping itu pula pemerintah dan pemerintah daerah juga berkewajiban meningkatkan pemenuhan kuantitas dan kualitas konsumsi pangan masyarakat melalui penetapan target pencapaian angka konsumsi pangan perkapita per tahun sesuai dengan angka kecukupan gizi, penyediaan pangan yang beragam, bergizi, seimbang, aman, dan tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, budaya masyarakat serta pengetahuan kemampuan masyarakat dalam pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, bermutu dan aman.

Dalam hal ini masyarakat dapat berperan serta dalam mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan, dan ketahanan pangan. Peran serta masyarakat yang dimaksud adalah pelaksanaan produksi, distribusi, perdagangan dan konsumsi pangan. Selain itu masyarakat juga berperan serta dalam penyelenggaraan cadangan pangan masyarakat, pencegahan dan penanggulangan rawan pangan dan gizi, penyampaian informasi dan pengetahuan pangan dan gizi, pengawasan kelancaranpenyelenggaraan kesediaan pangan, keterjangkauan pangan, penganekaragaman pangan, dan keanekaragaman pangan,atau peningkatan kemandirian pangan rumah tangga.

#L_R

KOMENTAR SEDULUR ISK :