BUMDes Desa Jepang Mejobo Kudus Serah Terima Aplikasi Pengelola Keuangan dari Tim LPPM ITB

oleh -745 kali dibaca
Kepala Desa Jepang, Indarto saat memberikan sambutan pada kegiatan Serah Terima Aplikasi Pengelola Keuangan dari Tim LPPM ITB ke BUMDes Makmur Barokah Desa Jepang, Mejobo Kudus, Minggu (27/11/2022). (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Pemerintah Desa Jepang, Kecamatan Mejebo, Kabupaten Kudus, melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Makmur Barokah melakukan serah terima pengelolaan keuangan dari Tim LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) ITB (Institut Teknologi Bandung).

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Balai Desa setempat, Minggu (27/11/2022).

Diketahui, peresmian BUMDes Makmur Barokah telah dilakukan tahun lalu, tepatnya pada Sabtu (20/11/2021).

Serah terima pengelolaan keuangan yang dimaksud adalah berupa aplikasi sistem informasi pasar dan sistem aplikasi akuntansi BUMDes.

Kepala Desa Jepang, Indarto mengatakan, kegiatan tersebut untuk menindaklanjuti bentuk pengabdian dari temen-temen ITB ke Desa Jepang, yakni program Pengabdian Masyarakat Pemulihan Ekonomi 2021.

“Dimana tahun kemarin (Digitalisasi Ekonomi berupa aplikasi digital marketing). Sementara tahun ini lebih pada penguatan sisi kelembagaan berupa pengelolaan keuangan,” terangnya.

Aplikasi bermanfaat ini, lanjut Indarto, bakal diserahkan ke temen-temen BUMDes, “Sistem Informasi dan akuntansi BUMDes berguna dalam pelaporan keuangan dan diharapkan aplikasi tersebut bisa sebagai kreator pasar dengan menampung produk UMKM untuk dipasarkan lewat BUMDes,” ujarnya.

Nantinya, lanjut Indarto, sistem pembayaran retribusi pedagang bisa dilakukan di Pasar Jepang dengan pengelolanya BUMDes,

“Nanti pasar dikelola tim yang bekerjasama dengan BUMDes, Harapan kami, BUMDes jadi agen (Bank) dan pembayaran retribusi untuk teman-teman pedagang pasar Jepang bisa Lewat agen tersebut, supaya mendekatkan dan memudahkan pedagang, karena kantornya jadi satu lokasi di pasar Jepang,” jelasnya.

Sementara Ketua Pelaksana dari LPPM ITB, Arif Susanto menjelaskan, jika serah terima ini merupakan program berkelanjutan dari Peresmian BUMDes, dimana tahun lalu pihaknya telah menyelesaikan pembuatan website dilanjut menjalankan projek lainnya,

“Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini ada 3, pertama membantu mengurus aspek legalitas Bumdes, kedua melaksanakan pengembangan kapasitas (capacity building) untuk meningkatkan sumberdaya manusia dan organisasi Bumdes dengan kompetensi digital dengan melakukan pelatihan-pelatihan secara offline dan online, dan ketiga melaksanakan transformasi Bumdes ke bisnis digital dengan membuat aplikasi sistem informasi pasar desa dan penggunaan sistem aplikasi akuntansi Bumdes.,” terangnya.

Aplikasi pengelolaan keuangan digital tersebut menggarap sistem informasi pasar, dimana pihaknya telah kerjasama dengan Institut Teknologi Telkom Surabaya,

“Kami kerjasama dengan Mas Agus, dari Institut Teknologi Telkom Surabaya, Mas Agus, si  pembuat aplikasi ini merupakan warga Jepang Mejobo,” ungkapnya.

Arif melanjutkan, Pihaknya siap menjalankan sistem informasi aplikasi pasar, dengan terus melakukan koordinasi dengan Kades dan BUMDes setempat, “Manfaat aplikasi digital ini banyak, diantaranya untuk transparansi, akuntabilitas, serta memudahkan buat pedagang maupun BUMDes atau pihak Desa,” tandasnya.

Rencananya, masih kata Arif, ke depan akan dikembangakan pula untuk sistem pembayaran listrik, air Pamsimas dan unit simpan pinjam,
“Kedepan unit usaha BUMDes diharapkan pembayarannya sudah ke sistem digital semua,” harapnya.

Sementara itu, Ketua BUMDes Makmur Barokah Desa Jepang, Budhi Handayani, mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak ITB yang telah mengadakan pengabdian masyarakat di Desa Jepang,

“Sudah banyak sekali pelatihan-pelatihan yang diberikan dari bapak ibu dosen ITB, baik secara online maupun offline, termasuk juga diikutkan pelatihan di Jogja untuk pengelolaan keuangan BUMDes,” ujarnya.

Dimana hal itu, lanjut Yani (Sapaan akrabnya) sangat bermanfaat untuk kemajuan BUMDes.

“Insya Allah pelatihan-pelatihan tersebut sangat bermanfaat buat kemajuan keberlangsungan dari BUMDes, karena membantu meringankan, mempermudah kami mengelola keuangan laporan dan lain sebagainya. Intinya yang telah diberikan memang betul-betul sangat bermanfaat buat kami semua,” pungkasnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :