Bupati Kudus Dukung Festival Raja Kenari Pantura

oleh -721 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Bupati Kudus Hartopo mengapresiasi pelaksanaan Festival Raja Kenari Pantura oleh Paguyuban Penggemar Burung Kenari Kabupaten Kudus (PAPBURI) yang berlangsung di Taman Budaya Bae, Minggu (12/12/2021). Acacar yang dilakukan di indoor itu demi menjaga protokol kesehatan.

Hal inipun disebutnya sebagai suatu terobosan dan perlu di viralkan. Viral yang baik, demikian sebutnya di hadapan para penggemar burung kenari yang datang dari berbagai daerah.

Dalam sambutannya, Bupati mengajak untuk tetap disiplin protokol kesehatan jelang “ulang tahun” yang kedua pandemi covid 19. Tentunya hal tersebut menjadi motivasi bagi kita semua agar pandemi benar-benar dapat dihentikan.

Dirinya pun menyebut bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut dapat membantu bangkitnya UMKM melalui berbagai produk turunan dari usaha per-kenari-an ini, seperti misalnya sangkar burung, pakan, dan lain-lain. Bupati yang hadir didampingi oleh Kadinas NakerinkopUKM ini pun menyatakan bahwa kegiatan seperti ini layak mendapat dukungan, sehingga dampak positifnya dapat dirasakan secara luas oleh masyarakat.

Pelaksanaan Festival Raja Kenari Pantura tersebut juga kental dengan balutan kearifan lokal Kudus. Seperti yang dijelaskan oleh Asror, selaku ketua panitia, bahwa pengenalan budaya tersebut dilakukan dengan penyajian trophy berbentuk miniatur ikon ciri khas Kudus seperti Gerbang Kota Kretek, Menara Kudus dan alat linting rokok.
Di akhir acara, Bupati Kudus melakukan gantang simbolis sebagai tanda dimulainya lomba tersebut. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :