Bupati Sebut KADIN Jadi Rumah Aspirasi UMKM

oleh -356 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Kabupaten Kudus memiliki UMKM yang beragam, baik tekstil hingga kuliner. Bupati Kudus Hartopo melihat potensi pengembangan yang luar biasa pada produk UMKM tersebut. Apalagi dengan adanya pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kudus periode 2021-2026 yang baru saja dilantik di Pijar Park, Dawe pada Rabu (9/2/2022).

Hartopo menyebut KADIN dapat menjadi rumah aspirasi bagi pelaku usaha baik yang masih perorangan hingga pelaku besar. Inovasi dan keaktifan KADIN dinanti untuk merangkul pelaku UMKM di Kudus. Harapannya setelah terintegrasi, pelaku UMKM bisa bersama-sama meningkatkan kualitas produk dan dapat diekspor.
“Selama ini kan UMKM itu masih berjalan sendiri-sendiri. Kalau sudah terintegrasi, harapannya nanti jalan bersama dan bukan tak mungkin masuk pasar global,” paparnya.

Pemerintah Kabupaten Kudus siap mengembangkan dan mempromosikan UMKM. Dari segi pengembangan, setiap bulan Disnaker Perinkop UKM Kudus selalu mengadakan pelatihan usaha berbagai bidang. Promosi juga gencar dilaksanakan dengan membawa produk khas Kudus saat kunjungan kerja ke luar daerah.

Pemkab Kudus juga menerbitkan Perbup pemakaian seragam batik Kudus pada Rabu dan bordir Kudus pada Kamis. Dalam kesempatan tersebut, pihaknya mengimbau agar instansi vertikal dapat turut mengaplikasikan produk khas Kudus menjadi salah satu seragam dinas perusahaan masing-masing.
“Menerbitkan Perbup untuk memakai batik Kudus itu salah satu promosi UMKM. Saya harap instansi vertikal seperti perbankan juga mengaplikasikan hal serupa sebagai wujud promosi,” pungkasnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :