Cabai Rawit Kembali Meroket

oleh -1,347 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sempat turun awal pekan di angka Rp 22 ribu per kilogram harga cabe rawit merah kembali meroket Rp 28 ribu per kilogram hari ini, Rabu (29/6). Cabai rawit hijau juga mengalami kenaikan dari Rp 12 ribu per kilogram menjadi Rp 15 ribu per kilogram. Sementara itu cabai merah besar teropong juga masih cukup mahal Rp 30 ribu per kilogram.

Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disdagsar) Kabupaten Kudus Sudiharti melalui Kasi Perdagangan Dalam Negeri Shofyan Dhuhri memperkirakan, harga cabai dan sayuran lainnya akan terus mengalami kenaikan menjelang lebaran. “Terutama tiga hari mendekati lebaran, biasanya dari pedagang pada naikin harga,” katanya.

Menurutnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan harga. Salah satunya meningkatnya permintaan sedangkan stok semakin menipis. Selain itu biasanya oknum nakal melakukan penimbunan dan dikeluarkan mendekati lebaran sehingga mendapat keuntungan berlipat.

Dirinya menambahkan, selain cabe yang merangkak naik harga bawang merah dan putih juga masih tinggi berkisar Rp 35 ribu per kilogram. “Kami akan terus pantau perkembangan harga menjelang lebaran ini, semoga saja tidak ada kenaikan secara signifikan sehingga masyarakat tidak terbebani,” pungkas Sofyan. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.