Calon Jamaah Haji Kloter 9, Dini Hari Tadi Dilepas Bupati Kudus

oleh -1,152 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Labaik Allahumma Labaaik, labaaik Laa Syarika Laka Labaaik. Gema talbiyah berkumandang di pendopo Kabupaten Kudus mengiringi keberangkatan jamaah calon haji (calhaj) dari Kudus, Minggu (23/8). Pada dini hari itu, sebanyak 51 calhaj dari Kudus yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 9 Bandara Adi Sumarmo Solo dilepas oleh Bupati Kudus H. Musthofa.
Didampingi oleh forkopinda yang berkesempatan hadir, sekretaris daerah bersama sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemkab Kudus, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus, dan pendamping pelaksanaan ibadah haji, bupati berpesan kepada seluruh calhaj untuk tetap menjaga kesehatan. Mengingat banyak rangkaian syarat dan rukun haji yang harus ditunaikan.
”Saya berpesan kepada Bapak/Ibu semua, untuk tetap menjaga kesehatan. Ini penting bagi kesempurnaan pelaksanaan ibadah haji,” pesan Musthofa pagi itu.
Bupati yang telah melewati tujuh tahun memimpin Kudus itu tidak banyak menyampaikan sambutan. Dirinya lebih mengingatkan kepada para calhaj untuk fokus pada pelaksanaan ibadah rukun Islam kelima itu. Termasuk untuk menyerahkan dan mempercayakan segala aktivitas dan pekerjaan kesehariannya pada seluruh keluarga yang berada di tanah air.
”Bapak/Ibu tetap fokus pada pelaksanaan ibadah saja. Segala urusan pekerjaan dan harta benda diserahkan saja pada keluarga,” imbuhnya.
Jamaah calhaj pun diberi bekal oleh orang nomor satu di Kudus itu berupa doa. Agar selalu diberikan kekuatan dan kemampuan menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah yang hanya sekali dalam setahun itu. Kesempatan berharga dari Allah SWT ini semoga bisa benar-benar membawa manfaat dan berkah untuk lebih dekat kepada-Nya.
Termasuk nantinya pada saat kembali ke Kudus bisa dalam kondisi yang baik, selamat, dan keadaan sehat. Serta tentunya menjadi haji mabrur sebagaimana yang dicita-citakan seluruh calhaj sekembalinya pulang dari menunaikan ibadah haji. Karena belum tentu semua umat Islam mendapat kesempatan pergi ke tanah suci ini.
Tidak lupa, bupati juga meminta didoakan ketika di tanah suci nantinya untuk seluruh masyarakat di tanah air khususnya di Kudus. Agar Kudus ini mampu menjadi kota dan daerah yang semakin maju dalam kondisi yang tenteram dan kondusif. Serta seluruh masyarakatnya diberi kekuatan, perlindungan, dan kemampuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan membangun Kudus.
”Saya meminta kepada Bapak/Ibu untuk mendoakan agar Kudus semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera,” pesannya lagi.
Acara pemberangkatan jamaah calon haji ini dari Kudus yang berjumlah 959 orang ini terbagi dalam empat kloter. Selain kloter 9 ini, juga berlangsung pelepasan keberangkatan calhaj kloter 10 dan 11 pada Minggu pagi dan siang. Serta kloter terakhir yaitu kloter 12 yang diberangkatkan Senin pagi. Selamat menunaikan ibadah haji. Semoga menjadi haji mabrur! (HPK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :