Capaian Imunisasi MR di Kudus 96,7 persen, Lampaui Target Nasional

oleh -480 kali dibaca
Aniq Fuad, Kasi Surveilens dan Imunisasi DKK Kudus, (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Subkoordinator Surveilans dan Imunisasi pada Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Aniq Fuad menyebut jika capaian imunisasi MR (measles dan rubella) di Kudus hingga kini sudah mencapai 49.553 balita atau 96,7 persen dari target sebanyak 51.238 balita sehingga melampaui target nasional.

“Target nasional sebesar 95 persen, sedangkan Kabupaten Kudus sudah mencapai 96,7 persen,” katanya Selasa (27/9/2022).

Imunisasi MR adalah suatu kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Bahkan, kata dia, capaian imunisasi MR masih memungkinkan bertambah karena data capaian tersebut per 22 September 2022, sedangkan imunisasi MR dijadwalkan berlangsung hingga akhir September 2022.

Untuk itu, kata dia, petugas di lapangan terus menggenjot capaian imunisasi anak guna memberikan kekebalan imunitas agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Dalam rangka menuntasakan capaian vaksinasi BIAN, petugas juga melakukan penyisiran terhadap anak yang kelewatan mendapatkan imunisasi secara “door to door”.

Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tingkat Kabupaten Kudus tahun 2022 ini, meliputi imunisasi MR (measles dan rubella) dan kejar meliputi imunisasi OPV (polio tetes), IPV (polio injeksi), Pentabio (DPT-HB-Hib). Sedangkan imunisasi kejar berlangsung hingga akhir Desember 2022.

Capaian imunisasi kejar, kata dia, juga sudah melampaui target nasional sebesar 80 persen karena mayoritas juga sudah melebihi 90 persen. Bahkan imunisasi DPT-HB-HiB melebihi target karena banyaknya balita dari luar daerah yang menjalani imunisasi di Kudus. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :