Cari Penyebab Sungai Menghitam, Bupati Telusuri Sungai Karangrandu

oleh -947 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Jajaran Pemkab Jepara yang dipimpin langsung Bupati Jepara Ahmad Marzuqi melakukan inspeksi terkait menghitamnya Sungai Gede Karangrandu, Desa Karangrandu Kecamatan Pecangaan, Sabtu (19/8/2017).

Didampingi Wakil Bupati Dian Kristiandi, Sekretaris Daerah Sholih, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jepara Fatkhurrahman, Kabid Pengairan DPU-PR Jepara Ngadimin, Camat Pecangaan Muh. Tahsin dan jajaran terkait, Marzuqi menengok bendung Sungai Pecangaan yang berada satu alur dengan Sungai Gede Karangrandu. Kondisi Sungai Pecangaan yang alurnya berada diatas dari Karangrandu nampak tidak menghitam. Setelah itu, rombongan pun melanjutkan tinjauan ke sentra usaha tahu-tempe yang ada di Pecangaan Wetan.

Di lokasi ini, rombongan disuguhkan pemandangan dan bau menyengat dari sisa produksi tahu tempe, yang dibuang ke alur sungai, yang juga mengalir ke Karangrandu. Dari tempat itu bupati lantas bertolak ke Sungai Gede Karangrandu yang menghitam. “Bendungan yang ada di Karangrandu akan kita buka. Serta sampah yang ada akan kita bersihkan. Alat berat juga kita kerahkan untuk membersihkan sedimen,” katanya.

Melihat kondisi ini, Marzuqi mengungkapkan jika usaha pembuatan tahu-tempe akan dibuatkan IPAL (instalasi pengolahan air limbah). Hal ini terlepas apakah pencemarnya dari situ atau bukan.”Segera kita akan mengambil tindakan, agar warga Desa Karangrandu bisa kembali menikmati air yang sehat, bebas dari cemaran limbah,” jelasnya.

Selain itu, Marzuqi juga mengintruksikan untuk memperlancar aliran sungai dan melakukan droping air bersih, untuk kebutuhan warga. Upaya jangka pendeknya dengan membuka bendung. Sementara untuk mengatasi kebutuhan air bersih Pemkab akan menyuplai air melalui BPBD dan PDAM Jepara. “Kami sudah perintahkan untuk Droping air bersih agar bisa digunakan oleh warga Karangrandu,” imbuhnya.

Direktur PDAM Jepara Prabowo mengatakan, pihaknya siap untuk melaksanakan droping air kepada warga Karangrandu. “Kami siap untuk droping air kepada warga, sudah disiapkan tangkinya, tinggal nanti kalau ada perintah, kita langsung berangkat,” tuturnya.

Sementara itu, petinggi Desa Karangrandu Syahlan mengaku senang dengan tinjauan langsung yang dilakukan Bupati dan jajarannya. Ia menilai solusi yang diberikan oleh Pemkab Jepara cukup menyelesaikan masalah yang dialami warganya. “Mudah-mudahan bisa terselesaikan,” katanya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.