Catat, Dandangan Digelar 27 Mei Hingga 5 Juni

oleh -1,338 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Tradisi dandangan yang diadakan rutin setiap tahunnya selalu dinantikan masyarakat Kudus. Selain untuk melestarikan tradisi atau budaya yang sudah ada sejak zaman Sunan Kudus, Dandangan juga dipenuhi puluhan stan yang menyajikan berbagai macam dagangan dengan harga cukup terjangkau.

image

Kabid Pengelolaan Pasar dan PKL pada Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disdagsar) Kabupaten Kudus Andi Inan Santoso mengatakan, persiapan Dandangan dimulai Kamis (26/5) malam, semua pedagang yang sudah menyewa stan secara serentak akan memasang mulai memasang stan masing-masing. “Sedangkan secara resminya Dandangan baru dimulai keeseokan harinya, Jumat (27/5),” ujarnya.

Andi mengungkapkan, Dandangan pada tahun ini akan berlangsung selama 10 hari 27 Mei hingga 5 Juni, yang akan ditutup dengan kirab budaya visualisasi Dandangan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus. “Kami berharap tahun ini pengunjung yang datang lebih ramai dari tahun sebelumnya, karena stan para pedagang juga sudah ditambah sehingga pengunjung bisa lebih leluasa tidak harus berdesakan mengunjungi stan,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, pada tahun ini ada penambahan stan dandangan yang akan ditempatkan di sepanjang Jl Ramelan. Stan tersebut akan ditempati 36 UMKM se-Jawa Tengah. “Selain itu ada juga stan khusus yang diperuntukkan Disbudpar Kudus. Yakni stan untuk menampung produk dan pengenalan rintisan desa wisata Kudus yang juga akan bergabung bersama 36 UMKM se-Jateng,” jelas Andi. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :