Cegah Corona, Pemuda Masjid Jagalan Lakukan Penyemprotan Disinfektan

oleh

Kudus, isknews.com – Pemuda Masjid Jagalan gotong royong bersama-sama menyemprot disinfektan di beberapa  Masjid yang ada diwilayah Langggardalem, Kecamatan Kota, Kudus. Sebanyak 8 masjid secara bergiliran mendapat giliran.

“Hal ini sebagai langkah kami dalam melaksanakan imbauan yang dianjurkan oleh Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla,” jelas ketua Remaja Masjid Jagalan, Langgardalem, Abdul Hakim disela-sela pelaksanaan penyemprotan, Selasa (24/3/2020) malam.

Ia yang memimpin langsung kegiatan ini mengatakan kalau Penyemprotan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19), yang sekarang merebak di Indonesia, termasuk wilayah Jawa Tengah.

TRENDING :  Idap Gangguan Jiwa Sukarwi Ditemukan Tewas Gantung Diri

“Awalnya kami mendapat donator dari seseorang untuk melakukan penyemprotan di masjid jagalan, namun karena masih sisa banyak, kami inisiatif untuk melakukan hal yang sama di masjid di wilayah langgardalem,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Langgardalem, Muh Maftukhan menyambut baik dengan tanggapnya para pemuda di salah satu masjid di desa-nya. Menurutnya, potensi penularan virus atau bakteri sangat mungkin terjadi di tempat umum, tak terkecuali masjid atau mushala.

TRENDING :  335 Jamaah Calon Haji Kudus 2016 Pagi Dini Hari Tadi Di Berangkatkan Menuju Donohudan

Untuk itu, Ia mengimbau agar umat muslim umumnya, khususnya warganya untuk membawa sajadah atau alas untuk sujud lainnya secara mandiri saat shalat di masjid atau mushala. Sehingga, dengan membawa sajadah sendiri, jemaah tidak perlu khawatir atas potensi penularan tersebut.

TRENDING :  Hartopo Resmikan Pondok Pesantren Yayasan Ittihadul Ummah

“Kita semua tahu, saat sujud mulut dan hidung kita bersentuhan dengan tempat sujud. Kalau ada orang kena penyakit, virusnya menempel. Satu jam kemudian ada yang salat di tempat yang sama bisa menular,” ungkapnya.

Muh Maftukhan menyampaikan, selain melakukan penyemprotan ia juga menyempatkan untuk menyampaikan sosialisasi ke masyarakat tentang menjalani pola hidup sehat.

“Saya mengajak semua masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat, rutin membersihkan tangan, dan saya juga mengajak untuk bisa mengikuti himbauan pemerintah dalam pencegahan Virus Corona,” ucapnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :