Cegah Covid-19 Lewat Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

oleh -179 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Mengingat angka kumulatif COVID-19 yang semakin bertambah. KKN Tim 1 Universitas Diponegoro dilaksanakan secara mandiri di desa masing-masing. Mahasiswi KKN bimbingan Cahya Setya Utama yang merupakan mahasiswi Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Vira Infadila Septiandita, melakukan program “Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)” pada anak usia sekolah di Desa Demaan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus.

Anak – anak merupakan generasi penerus bangsa yang penting untuk diperhatikan kesehatannya. Anak – anak juga termasuk dalam kelompok yang rentan dengan berbagai gangguan kesehatan dan sangat bergantung kepada orang tua. Sekalipun demikian, anak – anak sangat potensial untuk dipengaruhi dan diberi motivasi sehingga membiasakan sejak dini perilaku hidup bersih dan sehat.

Perilaku orang dewasa tidak mudah untuk diubah, namun perilaku anak sangat mungkin untuk diubah dengan memberikan pengetahuan dan contoh. Di era pandemi anak-anak rentan terhadap risiko tertular penyakit COVID-19. Kebiasaan hidup bersih dan sehat dibutuhkan dalam upaya mengurangi risiko tertular penyakit ini. Oleh karena itu mahasiswi KKN Undip mengantisipasi penyebaran COVID-19 pada anak dengan Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada anak-anak Desa

Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada anak – anak Desa Demaan

Program edukasi ini dilaksanakan selama 5 hari pada tanggal 25 – 29 Januari 2021 bersamaan dengan rangkaian kegiatan rutin belajar bersama pada anak – anak Desa Demaan. Program ini dilakukan secara berkelompok 2 – 4 anak. Setelah pemberian materi dan praktek PHBS, mahasiswi KKN juga memberikan cinderamata sikat gigi kepada anak-anak tujuannya agar anak termotivasi untuk menerapkan PHBS dirumah masing-masing.

Salah satu anak yang mengikuti kegiatan belajar bersama yaitu Rohman siswa kelas 5 SD mengatakan bahwa kegiatan belajar bersama dan edukasi PHBS sangat bermanfaat terutama pada masa pandemi. “Makasih ya Mbak Vira sudah mengajarkan kami cara hidup bersih semoga ilmunya bermanfaat, aamiin,” ujar dia.

Selain itu, program ini mendapat respon positif terutama orang tua anak yang sangat mendukung dilaksanakannya program belajar bersama dan program edukasi PHBS. “Terimakasih untuk kakak – kakak KKN Undip. Di masa pandemi ini, benar – benar sangat butuh pendekatan dan sosialisasi. Anak – anak sudah mulai jenuh dirumah, dengan adanya program belajar bersama dua anakku jadi giat belajar bersama dengan teman – teman dan tidak lupa tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu mereka juga belajar tentang pola hidup sehat dan lebih tau tentang gizi dari sayur dan buah –  buahan,” tutur Bu Fitri salah satu orang tua anak.

Harapannya dalam  kondisi pandemi  ini  anak usia  sekolah  harus  mampu  beradaptasi  dengan  kebiasaan baru sehingga dapat terhindar dari resiko penularan COVID-19. Anak usia sekolah  harus mampu  berperilaku  sesuai  dengan kebiasaan  baru  yang  lebih menyehatkan, lebih bersih, serta lebih patuh terhadap protokol kesehatan. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :