Cegah DBD, Dinas Kesehatan Kudus Ajak Warga Jaga lingkungan Rumah agar Tetap Bersih dan Sehat

oleh -1,005 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kabupaten Kudus mengajak warga untuk menjaga lingkungan rumah dan sekitarnya agar tetap bersih dan sehat. Hal itu sebagai upaya untuk mengantisipasi demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Sub Koordinator Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Nuryanto menjelaskan, mengingat peningkatan kasus DBD pada 2021 di Kudus meningkat,

“Dikarenakan anomali musim yang berdampak pada perkembangbiakan jentik nyamuk menjadi lebih cepat, sehingga kita harus antisipasi,” ujarnya, Jumat (7/1/2022).

Pihaknya mencatat jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) selama 2021 sebanyak 175 kasus atau lebih tinggi dibandingkan dengan selama 2020 yang tercatat 40 kasus.

“Jumlah kasus DBD pada tahun 2021 memang cukup tinggi dibandingkan tahun sebelumnya, sedangkan kasus meninggal pada tahun 2021 tercatat tiga kasus atau lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai lima kasus,” bebernya.Selama 2021, kata dia, kasus tertinggi terjadi pada November 2021 mencapai 26 kasus, sedangkan Desember 2021 ada penurunan menjadi 23 kasus, namun masih lebih tinggi dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

Untuk pekan pertama Januari 2022, kata dia, sudah ada laporan kasus DBD sebanyak lima kasus. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :