Ciptakan Karya Ilmiah, Siswa MAN 1 Kudus Raih Juara 2 LKIR LIPI 2019

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Prestasi membanggakan diraih Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kudus yang telah mendapatkan juara 2 dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ke-51 dan National Young Inventors Award (NYIA) ke-12 Tahun 2019.

LKIR ke-51 dan NYIA ke-12 tersebut berlangsung pada 23–26 Oktober 2019 lalu di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Event LKIR baru pertama kalinya diikuti MAN 1 Kudus, dan pihak sekolah mengirimkan 2 tim LKIR dan 1 tim NYIA.

Tim LKIR MAN 1 Kudus terdiri dari Tim Edible Film yang mengangkat tema “Mikroalga dan Serasah Daun Mangrove (Rhizopora mucronata sp.) Berbasis Plasticizer Gliserol sebagai Inovasi Kemasan Biodegradable”. Tim ini beranggotakan Azalira Alayya Zahwa dan Fifi Munasaroh, semuanya kelas XI.

TRENDING :  Pura Group Bagikan 6000 Bingkisan Dan Santuni 1000 Anak Yatim

“Alhamdulilah, berdasarkan penilaian dewan juri dan pengumuman kejuaraan, tim Edible Film berhasil meraih juara 2 lomba LKIR ke-51 tahun 2019,” terang Azzalira Alayya (Azza) didampingi Fifi Munasaroh saat ditemui awak media di MAN 1 Kudus, Senin (4/11/2019).

Ia melanjutkan, Ide pembuatan Edible Film sendiri berangkat dari pemikiran untuk membuat plastik ramah lingkungan dengan potensi kelautan di Indonesia yang sangat besar.

Menurut Azza, Persiapan lomba menjadi pengalaman berharga bagi timnya. Apalagi, bahan microalga dari navicula selama ini memang belum dimanfaatkan potensinya. Sehingga pihak Madrasah melakukan kerjasama dengan Balai Budidaya Air Payau (BBAP) Kabupaten Jepara untuk proses kultur dan pembuatan tepung navicula. 

TRENDING :  Mobil Layanan Kependudukan Bergerak Dekatkan Warga Urus Dokumen Adminduk

“Kemudian dilakukan penelitian di Laboratorium UNDIP Semarang, dan hasil penelitian menyempurnakan komposisi Edible Film. Edible Film ini memiliki keunikan tersendiri karena bisa dimakan dan terdegradasi cepat selama 5 hari,” papar Azza.

“Sebagai juara dua, kami mendapat piala, piagam, dan uang pembinaan sebesar Rp 10 juta,” tambahnya. 

Sementara itu, Kepala MAN 1 Kudus, Suhamto menyampaikan selamat untuk tim LKIR-NYIA beserta pembimbingnya. Dia bersyukur atas prestasi yang telah diraih peserta didiknya.

TRENDING :  55 Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemkab Kudus Telah Dilantik

“Terimakasih juga saya berikan atas dukungan dari BBAP Kabupaten Jepara dan UNDIP Semarang yang memfasilitasi penelitian,” ujarnya. 

Lebih lanjut Suhamto berpesan, agar para siswa tetap tawadhu’ atas keberhasilan dan tidak terbuai atas prestasi yang sudah diraih. 

“Jadikan ini sebagai momen untuk berprestasi pada event-event lainnya, karena tanggal 16 November 2019 mendatang, Tim Robotik MAN 1 Kudus akan berlaga di Kompetisi Robotik Madrasah Tahun 2019 di Surabaya. Semoga mampu mempertahankan prestasi tahun sebelumnya sebagai Juara 1 Kompetisi Robotik Madrasah,” harapnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :