Dapat Bantuan Chromebook, SD di Kudus Maksimalkan untuk Pembelajaran Digital

oleh -80 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Guna mendukung program digitalisasi pendidikan, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus telah menyalurkan bantuan chromebook kepada 294 sekolah dasar (SD).

Adapun 294 SD ini tersebar di 9 koordinasi wilayah (korwil) kecamatan bidang pendidikan. Pendistribusian chromebook pun sudah dilakukan pada Maret 2022 kemarin.

Sejauh ini, sudah ada 8 Korwil Kecamatan yang telah tersalurkan bantuan chromebook. Sementara satu korwil lagi, yakni di Kecamatan Kota, rencananya akan didistribusikan pada Juni 2022 mendatang.

Setiap sekolah menerima bantuan laptop chromebook sebanyak 15 unit. Selain itu, sekolah juga mendapatkan bantuan satu unit proyektor, satu unit wireless router serta satu unit converter type C ke HDMI.

Kepala Disdikpora Kabupaten Kudus Harjuna Widada melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikpora Kabupaten Kudus Moh Zubaedi menyampaikan, bantuan laptop chromebook itu berasal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek).

Pihak Disdikpora Kudus sendiri sebelumnya sudah mengusulkan seluruh SD di Kudus agar bisa mendapatkan bantuan laptop itu. Namun yang terealisasikan oleh Kemendikbud-Ristek hanya 294 sekolah.

Zubaedi juga menyampaikan, Disdikpora Kudus memang hanya bisa sebatas mengusulkan saja. Sementara untuk proses verifikasi, persetujuan maupun realisasinya merupakan kewenangan dari pihak Kemendikbud-Ristek.

“Pemerintah pusat yang menentukan terkait faktor atau kriteria penerimanya itu seperti apa,” katanya.

Pendistribusian chromebook ini dinilai mendapatkan respon yang baik dari pihak sekolah. Hal ini lantaran ditujukan pula untuk mendukung Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) bagi sekolah. Mengingat, sebelumnya sempat ada sekolah yang masih kekurangan laptop untuk mengikuti ANBK.

“Kalau sebelumnya sekolah ada yang kekurangan laptop dan harus pinjam-pinjam, semoga dengan bantuan ini bisa membantu untuk ANBK,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SDN 2 Undaan Lor, Amin, menuturkan, bantuan chromebook menjadi angin segar bagi sekolah setempat untuk pemaksimalan kegiatan pembelajaran siswa. Terutama, untuk persiapan pelaksanaan ANBK untuk para siswa.

“Kita dapat sekitar 15 unit laptop dan Alhamdulillah sangat membantu untuk SDN 2 Undaan Lor” katanya, Jumat (13/5/2022).

Menurutnya, pemanfaatan chromebook ini akan dimaksimalkan untuk pembelajaran di kelas. Menimbang bahwa kurikulum merdeka dan era digitalisasi mulai digencarkan oleh kementerian pusat.

“Anak juga sudah kita bekali dengan pembelajaran IT, jadi dengan adanya bantuan ini bisa tambah maksimal dalam upaya digitalisasi pendidikan,” ujarnya.

Amin menambahkan, saat ini jumlah siswa kelas V yang kemungkinan akan mengikuti ANBK pada tahun depan ada sejumlah 29 anak. Meskipun jumlah bantuan laptop dirasa belum mencukupi, pihaknya bersyukur karena pelaksanaan asessmen dinilai akan lebih efektif dari tahun-tahun sebelumnya.

“Semoga ada bantuan lagi, sehingga bisa mencukupi untuk semua anak. Tapi dapat bantuan seperti ini memang menjadi kabar gembira bagi sekolah kami,” tuturnya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :