Dapat Tambahan Kuota 222, Daftar Antrean Haji Masih Lama

oleh -934 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Kebijakan tambahan kuota haji dari pemerintah Arab Saudi dirasakan juga di Jepara. Tahun ini, Jepara mendapatkan tambahan 222 jamaah. Dengan demikian, total jamaah haji yang akan berangkat dari Jepara tahun ini sebanyak 1.097 jamaah. Jumlah tersebut berdasarkan kalkulasi total jamaah yang sebelumnya sudah dijadwalkan berangkat yaitu 875 jamaah.

Kasi Haji dan Umroh pada Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Jepara Ali Arifin mengatakan, tambahan tersebut berdasarkan penghitungan kuota tambahan yang sudah turun ke tingkat provinsi. Sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA), Jawa Tengah mendapat tambahan kuota sebanyak 30.479 jamaah.

“Meski demikian, penambahan kuota ini dinilai tak begitu berpengaruh pada daftar panjang antrean jamaah haji di Jepara. Kecuali sedikit. Jumlah calon jamaah haji yang masih antre saat ini sekitar 21 ribu orang dengan daftar tunggu 23 tahun,” katanya.

Arifin menambahkan, pihaknya belum bisa menghitung detailnya. Namun, kalau dikalkulasi dengan tambahan 20 persen setiap tahun maka pengurangan 100 persen baru tercapai setelah lima tahun. Sehingga, daftar tunggu akan berkurang satu tahun jika sudah lima tahun.

Di sisi lain, setiap hari pendaftaran calon haji terus berjalan. Setiap hari ada sekitar 15 orang hingga 35 orang pendaftar.

Terkait tindak lanjut mengenai kuota tambahan ini, Kepala Kemenag Jepara Muhdi mengatakan, pihaknya sudah menghubungi calon jamaah yang akan berangkat. Saat ini, calon jamaah sudah bersiap-siap. Salah satunya berupa pengurusan paspor keberangkatan. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.